Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah negara mulai mempersiapkan tatanan kenormalan baru, agar bisa beradaptasi di tengah pandemi virus corona. Beberapa cara di antaranya dengan mengadopsi perangkat teknologi untuk membantu aktivitas manusia. 

Upaya ini setidaknya akan segera diterapkan oleh vendor smartphone asal China, Honor yang membuat terobosan unik dengan menyematkan sensor suhu badan atau termometer ke smartphone. Fitur baru ini akan segera hadir pada produk terbarunya, Honor Play 4 Pro. 

Seperti dilansir dari Phone Arena, sub-brand dari Huawei ini telah memamerkan kemampuan dari smartphone terbarunya melalui akun media sosial Weibo. Dalam video promosinya, gawai Honor ini bisa mengukur suhu tubuh seseorang saat diarahkan ke dahi ataupun pergelangan tangan.

Hal ini dimungkinkan karena Honor memanfaatkan sensor inframerah (IR) yang ada di ponsel untuk bisa mendeteksi suhu tubuh manusia. Hasilnya sensor termometer Honor Play 4 Pro ini mampu mengukur suhu tubuh mulai dari -20 derajat celsius hingga 100 derajat celsius.

Meski tidak seakurat thermal scanner, fitur pengecekan suhu tubuh melalui sensor IR dinilai dapat mempermudah masyarakat untuk mendeteksi gejala penyakit. Apalagi menjelang kondisi kenormalan baru selama pandemi virus corona, fitur semacam ini akan sangat berguna.

Sejatinya, Honor bukan vendor pertama yang menyertakan fitur termometer di ponselnya. Pengembang ponsel CAT S60 bahkan sudah pernah menyematkan kemampuan kamera thermal imaging

Di luar fitur termometer, Honor Play 4 Pro masih dikatakan memiliki beragam fitur yang ada di smartphone pada umumnya. Versi termurah, yaitu Play 4, menggunakan MediaTek Dimensity 800, RAM 6GB dan empat kamera belakang.

Sementara Play 4 Pro yang merupakan versi termahal menggunakan Kirin 990, RAM 8GB, dan dua kamera belakang. Ponsel ini mendukung koneksi 5G dan memakai layar 1080p.

Untuk harganya, Honor Play 4 Pro yang mempunyai termometer dijual di China dengan harga sekitar 421 dolar AS (Rp6 juta). Sementara Play 4 Pro tanpa termometer harganya sekitar 407 dolar AS (Rp5,8 juta). Untuk Honor 4 Play harganya lebih murah lagi, yaitu 253 dolar AS (Rp3,6 juta).