Kertas Lamaran Pekerjaan Steve Jobs Dilelang Lewat Format Fisik dan NFT, Mana Tawaran Lebih Besar?
Steve Jobs dan kertas lamaran pekerjaannya yang ditulis tangan tahun 1973. (foto: rr auction)

Bagikan:

JAKARTA – Kertas Lamaran pekerjaan Steve Jobs tahun 1973, yang ia tulis tiga tahun sebelum ikut mendirikan Apple bersama Steve Wozniak, akan dilelang lagi. Namun kali ini, ada sesuatu yang berbeda dan unik. Ini adalah “lelang fisik vs NFT pertama di dunia.” 

Mereka yang tertarik dapat menempatkan taruhan mereka baik pada versi fisik atau varian non-fungible token (NFT). Mereka yang berada di balik proses tersebut juga ingin orang lain mengetahui nilai yang melekat pada dua format berbeda tersebut. 

“Mana yang lebih kami hargai, The Physical atau The Digital?” kata juru lelang dalam sebuah catatan yang dipublikasikan di situs web tempat pelelangan saat ini sedang berlangsung.

Ini adalah surat lamaran pekerjaan satu halaman yang ditulis Jobs setelah dia keluar dari Reed College di Portland, AS. Pada aplikasinya, ia menyatakan minatnya pada posisi insinyur elektronik, teknologi atau desain. Namun, surat kabar tersebut tidak mencantumkan nama perusahaan atau pemberi kerja yang menjadi tujuan aplikasi tersebut. Di antara keahliannya, Jobs telah mendaftarkan pengalaman komputer dan kalkulator.

Ini adalah ketiga kalinya aplikasi tersebut dilelang dalam empat tahun terakhir. Sebelum ini, lelang terakhir adalah pada Maret 2021, ketika dilaporkan dijual seharga 162.000 pound sterling (sekitar Rp 3,2 miliar). Sebuah laporan oleh CNET menyatakan bahwa dua contoh lain ketika lamaran pekerjaan dilelang adalah untuk 18.750 (sekitar Rp373 juta) pada tahun 2017.

Penyelenggara pelelangan mengatakan bahwa mereka, untuk pertama kalinya, menempatkan para pendukung dunia fisik dan digital secara berdampingan dan saling bertentangan satu sama lain untuk memahami apa yang membawa nilai lebih di mata orang-orang saat kita melihat ke arah masa depan.

“Ini bukan hanya Steve Jobs NFT — unik, bersejarah, dan luar biasa,” kata mereka, seraya menambahkan bahwa ini adalah pertanyaan yang lebih luas bagi pasar — ke arah mana kita menuju, sebagai masyarakat yang selalu terdigitalisasi.  Lebih lanjut, mereka mengatakan bahwa pelelangan juga menandai perubahan psikologi: “Ini bukan Beeple vs Picasso, ini masalah selera — dan pada akhirnya subjektif. Ini Steve Jobs vs Steve Jobs.”

Menurut situs web Aplikasi Pekerjaan Steve Jobs, pada 13.10 WIB, Jumat 23 Juli, format fisik aplikasi menang dengan margin besar. Sejauh ini, ada 18 tawaran untuk lamaran pekerjaan fisik, dengan angka penawaran tertinggi adalah 32.000 (sekitar Rp636 juta). Namun, untuk format NFT, sejauh ini hanya 9 tawaran yang telah ditempatkan dengan yang nilai penawaran tertinggi adalah ETH 0,50, yang setara dengan sekitar 1.039 dolar AS (kira-kira Rp 20 juta). Masih ada lima hari lagi sebelum penawaran berakhir.