Berhadiah 1 Juta Dolar AS, Penguasa Dubai Tantang  Lulusan Satu Juta Koder Arab Kembangkan Proyek Baru
Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai. (foto: gulfbusiness.com)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah selesainya inisiatif Satu Juta Koder Arab,  kini para lulusannya didesak untuk bersaing dalam program baru senilai 1 juta dolar AS (Rp14,5 miliar) untuk mengembangkan proyek dan solusi. Tantangan pengkodean telah diluncurkan oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai.

Tantangan ini menawarkan hadiah utama sebesar 1 juta dolar AS untuk proyek pengkodean paling inovatif. Sementara lima runner-up akan menerima masing-masing 50.000 dolar AS. Empat dari pelatih terbaik juga akan memenangkan masing-masing 25.000 dolar AS.

Lulusan yang tertarik dapat mengirimkan proyek mereka melalui situs web resmi inisiatif One Million Arab Coders. Entri akan dievaluasi oleh juri ahli dalam pengkodean, teknologi, dan kewirausahaan dari UEA dan luar negeri. Pemenang akan diumumkan pada upacara yang diadakan di tempat Expo 2020 Dubai menjelang akhir tahun.

Sheikh Mohammed meluncurkan One Million Arab Coders pada Oktober 2017 untuk mengajari satu juta anak muda dari dunia Arab cara membuat kode. Sebagai bagian dari inisiatif, kandidat terpilih diajari berbagai keterampilan pengkodean dan proses penerapannya dalam pengembangan situs web dan aplikasi seluler, blockchain, kecerdasan buatan, data, dan komputasi awan.

Para pembuat kode mencatat lima juta jam pelatihan, berpartisipasi dalam 76.000 lokakarya, dan menyelesaikan 100.000 proyek kelulusan.

Sejak diluncurkan, inisiatif ini telah memberikan lebih dari 1.000 sertifikat nanodegree kepada pembuat kode terkemuka. Lebih dari 3.600 pelatih bersertifikat dari seluruh dunia membantu para peserta dalam aspek teknis dan memberikan dukungan dalam mengubah ide mereka menjadi proyek praktis.

Inisiatif yang dipimpin oleh Dubai Future Foundation (DFF) dan dalam kerangka Inisiatif Global Mohammed Bin Rashid Al Maktoum (MBRGI), mencapai tujuannya dalam tiga tahun.

Dalam serangkaian tweet, Sheikh Mohammed mengatakan: “Satu juta pembuat kode Arab dari 80 negara bergabung dengan program paling penting untuk melatih mereka dalam bahasa masa depan… melalui lima juta jam kerja, 76.000 lokakarya pelatihan, 100.000 proyek kelulusan yang berhasil, dan 1.500 beasiswa. untuk siswa berprestasi… pencapaian luar biasa bagi pemuda Arab kita dalam tiga tahun.”

Dia menambahkan: “Masa depan penuh dengan peluang tanpa akhir yang menunggu ide-ide yang mengganggu. Tantangan One Million Arab Coders membuka pintunya dan menyambut para talenta yang ingin terjun ke gelombang transformasi digital untuk mendorong batas-batas mereka dengan mengembangkan diri mereka lebih jauh, dan secara aktif mengembangkan ekonomi digital negara mereka secara keseluruhan.”

Sheikh Mohammed juga baru-baru ini meluncurkan Program Nasional untuk Coders dalam kemitraan dengan raksasa teknologi global termasuk Google, Microsoft, Amazon Web Services, LinkedIn dan Facebook, antara lain.

Skema ini bertujuan untuk melatih 100.000 pembuat kode, mendirikan 1.000 perusahaan digital yang akan go global, dan meningkatkan investasi awal dari Dhs1.5bn menjadi Dhs4bn.