Kabel USB Type-C Bakal Dukung Pengisian Daya Hingga 240 Watt
Ilustrasi kabel USB (Photo by Lucian Alexe on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Perangkat pengisian daya melalui USB Type-C dikabarkan tengah mendapat peningkatan. Grup USB Implementers Forum (USB-IF) baru saja mengumumkan peningkatan untuk tipe konektor tersebut.

Diketahui, smartphone dan laptop pun saat ini dapat mengirimkan daya hingga 100 Watt melalui konektor tersebut. Dalam pembaruan versi 2.1, USB Type-C saat ini dapat menghantarkan daya hingga 240 Watt.

Ini merupakan peningkatan 2,4 kali lipat jika dibandingkan dengan kecepatan saat ini yang hanya 100 Watt.

Mengutip CNET, Jumat 28 Mei, para peneliti menyebut opsi 240W ini sebagai Extended Power Range atau EPR. Secara efektif merupakan perubahan pada spesifikasi USB-PD yang mungkin telah hadir di teknologi pengisian daya cepat saat ini.

Menariknya, konektor ini dapat dikonfigurasi hingga 5 Ampere dengan tegangan maksimal di 50 Volt. Sebelumnya konektor ini hanya dapat memasuki tegangan 20 Volt saja.

Agar dapat menjalankan tegangan sebesar itu, kabel yang digunakan pun harus spesifik. Pada kepala konektor dan kabel juga harus terdapat ikon tertentu agar memudahkan pengguna membedakannya dengan kabel biasa.

Dengan hadirnya dukungan daya hingga 240 Watt membuat para produsen laptop dapat dengan mudah menggunakan konektor tersebut di laptop mereka, terutama laptop gaming. Dikarenakan sebuah laptop gaming dengan sangat mudah dapat menarik daya hingga 200 Watt lebih untuk dapat menyuplai listrik ke komponen yang ada di dalamnya.