Kapitalisasi Pasar Dogecoin Melampaui Tether
Ilustrasi Dogecoin (coindesk)

Bagikan:

JAKARTA – Dogecoin (DOGE) memiliki kapitalisasi pasar senilai 56 miliar dolar AS. Jumlah ini melampaui kapitalisasi pasar uang kripto Tether yang berjumlah 52 miliar dolar AS seperti yang dilansir dari Coingecko, Selasa 4 Mei.

Nilai kapitalisasi pasar DOGE telah melampaui kapitalisasi pasar perusahaan raksasa Amerika Serikat seperti Ford dan Twitter yang masing-masing memiliki 45,1 miliar dan 43,1 miliar.

Meroketnya harga Dogecoin dalam beberapa hari terakhir berasal dari sentimen positif di mana platform eToro mengumumkan pihaknya akan memasukkan Dogecoin ke dalam daftar kripto di platformnya.

Melansir Cointelegraph, pihak eToro mengungkapkan bahwa platformnya menambahkan Dogecoin (DOGE) “karena permintaan pelanggan yang kuat.” Sebanyak 20 juta pengguna eToro kini sudah bisa membeli maupun menjual DOGE.

Faktor kenaikan DOGE bukan hanya karena koin meme tersebut masuk listing eToro saja, faktor lain juga disebabkan oleh pergerakan komunitas Dogecoin, DOGE Army yang masif di media sosial. Elon Musk dan Mark Cuban juga punya pengaruh besar dalam meroketnya harga Dogecoin. Dalam tujuh hari terakhir DOGE naik 57 persen.

Sejumlah pengamat memprediksi bahwa kenaikan harga Dogecoin itu disebabkan oleh Elon Musk yang akan tampil di acara televisi Saturday Night Live (SNL) pada 8 Mei mendatang.

Menurut informasi yang beredar, acara SNL itu akan menampilkan Kate McKinnon yang berperan sebagai Menteri Keuangan AS Janet Yellen. Jack Harlow juga dikabarkan akan menjadi pengisi acara tersebut. Selain itu, Miley Cyrus juga dirumorkan akan turut serta dalam pertunjukan komedi bertajuk “Dogefather” itu.

Meskipun Dogecoin dibuat atas dasar lelucon, kini DOGE telah membungkam orang-orang yang meremahkan dan menertawakannya. Hal itu terbukti dalam bebarapa hari terakhir Dogecoin mengalami peningkatan harga yang signifikan, menjelang acara SNL. Pada 20 April lalu, komunitas Dogecoin juga merayakan #DogeDay.