Kenalan dengan Fitur Duplex Pelengkap Google Assistant
Ilustrasi foto (Sumber: Android Central)

Bagikan:

JAKARTA - Google akhirnya meluncurkan fitur Google Duplex sebagai pelengkap sistem software Google Assistant. Fitur ini telah lama diperbaharui setelah sebelumnya diluncurkan pada 2018. Suara yang dimunculkan dari Duplex mirip sekali dengan suara manusia.

Duplex berfungsi ketika pengguna Google Assistant ingin melakukan reservasi, membuat janji dan mendapatkan informasi mengenai jam operasional restoran. Google Duplex telah dalam pengujian sejak debutnya pada Mei 2018 di acara konferensi pengembang Google I/O.

Perusahaan tersebut akhirnya meluncurkan fitur baru ini di 48 negara bagian Amerika Serikat (AS) dan berkembang ke Inggris dan negara lainnya. CEO Google Sundar Pichai mengatakan dalam sebuah unggahan blog, bahwa Google berencana mulai menggunakan Duplex "jika memungkinkan" untuk menghubungi restoran agar pengguna mendapatkan informasi jam operasional.

"Dalam beberapa hari mendatang, kami akan memungkinkan bisnis untuk dengan mudah menandai diri restoran mereka sementara ditutup menggunakan Google My Business," ungkap Pichai, dikutip dari The Verge, Jumat, 10 April.

"Kami juga menggunakan Duplex teknologi kecerdasan buatan di mana memungkinkan kami untuk menghubungi bisnis dalam mengonfirmasi jam kerja mereka yang diperbarui, sehingga kami dapat mencerminkannya secara akurat ketika orang mencari di Search dan Maps," tambahnya.

Banyak orang yang terkejut melihat bagaimana Duplex terdengar amat hidup --karena menggunakan teknologi artificial intelligent (AI)-- di mana sebagian suara Duplex menggunakan imbuhan kata "uh-huh" dan "mmm". Selain itu, Duplex juga memiliki kemampuan merespons dengan jawaban yang benar untuk beberapa pertanyaan.

Tak hanya itu, Google Duplex juga dapat memahami kalimat kompleks, ucapan cepat, dan komentar yang panjang. Lalu bagaimana cara kerja Google Duplex?

Saat pengguna menemukan sektor bisnis seperti restoran dan tempat lainnya menggunakan Google Search, Maps, atau Google Assistant, pengguna dapat meminta Google Assistant untuk menghubungi tempat tersebut dan mereservasinya atas nama sendiri.

Google Assistant juga akan mengonfirmasi detail spesifik seperti pilihan waktu, jenis layanan dan lainnya. Setelah informasi tersebut lengkap, Google Assistant akan mencoba mereservasi dengan menggunakan mitra pemesanan online --jika tersedia-- atau dengan menelepon sektor bisnis yang diinginkan dengan menggunakan teknologi panggilan suara otomatis Duplex.

Google mengatakan, panggilan akan sepenuhnya direkam untuk jaminan kualitas. Duplex dapat memanggil berbagai sektor bisnis di AS mana pun yang informasinya terdaftar di Google. Google mengatakan bisnis yang telah memilih untuk menerima panggilan akan mendapatkan panggilan dari Google Duplex untuk mengonfirmasi jam operasional, seperti waktu buka dan tutup untuk hari spesial Thanksgiving, serta memesan reservasi.

Tetapi, sektor bisnis dapat memilih untuk tidak menerima panggilan atau menggunakan layanan ini dengan masuk ke pengaturan di akun Google My Business.  Google juga telah memperluas layanan Duplex, dari mulai hanya tersedia di smartphone Pixel lalu ke perangkat iOS dan kemudian lebih banyak tersedia di perangkat Android.