Prestige Motocars Boyong Mobil Terbang EHang Mengudara di Langit Indonesia
Ilustrasi mobil terbang otonom Ehang (Twitter @EHang)

Bagikan:

JAKARTA - Importir kendaraan mewah Prestige Image Motocars, memberi kejutan dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Mereka memperkenalkan mobil terbang otonom (AAV) EHang yang akan hadir di Tanah Air. 

Mobil terbang laiknya drone raksasa ini berpenggerak listrik serta dapat dioperasikan tanpa pilot. Rencananya, Prestige Image Motocars akan membawa masuk EHang pada Juli 2021 mendatang. 

"Jadi sampai Juli itu nanti, kami harapkan bisa ada regulasinya," kata Presiden Direktur Prestige Image Motocars Rudy Salim dalam keterangan tertulis, Jumat, 16 April.

Disebut EHang 216, mobil terbang listrik otonom ini dirancang untuk berbagai kebutuhan mulai dari transportasi hingga pengangkut logistik. Kendaraan buatan Korea Selatan ini dapat menempuh jarak penerbangan 35 km dalam 21 menit dengan berat muatan maksimum 220 kg.

"Mobil terbang ini mampu mencapai ketinggian hingga 3.000 m, dengan spesifikasi tinggi 1,77 m dan lebar 5,61 m," lanjutnya.

Mobil terbang super canggih EHang 216 bebas emisi karena 100 persen menggunakan energi listrik. Drone ini juga dapat diisi hingga 220v atau 380v dalam 1,5 jam waktu pengisian, dan mampu berkecepatan maksimum 130 km/ jam.

Landasan untuk pendaratan tidak lagi dibutuhkan karena EHang 216 hanya membutuhkan sedikit ruang. Sehingga cukup ideal menjadi transportasi modern masyarakat perkotaan. 

"Lahan seluas 5 m2 cukup, sehingga cocok untuk di perkotaan," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Prestige membuka inden dua produk Tesla, Cybertruck dan Model Y. Kedua mobil ini akan hadir di Tanah Air pada 2022.