Bagikan:

JAKARTA – AI Lazzie, teknologi chatbot di platform Lazada, menerima sorotan dari banyak pihak. Menurut laporan Lazada, chatbot berbasis Kecerdasan Buatan (AI) mampu mengoptimalkan momen belanja.

Di Asia Tenggara, selama pekan promo dan diskon Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12, AI Lazzie berhasil meningkatkan jumlah unique visitors ke dalam aplikasi. Peningkatan ini mencapai 76 persen melalui LazzieChatHunt.

LazzieChatHunt merupakan pembagian LazRewards oleh AI Lazzie bagi para pelanggan yang memasukkan kode khusus lewat Pesan+. Sederhananya, LazzieChatHunt adalah permainan interaktif yang dapat mendongkrak pembelian di dalam platform.

Lazada mengatakan bahwa permainan ini berhasil meraih 6 juta engagement, naik dua kali lipat dibandingkan saat pesta diskon Lazada 11.11. Lazada juga berhasil meningkatkan interaksi proaktif secara signifikan berkat AI Lazzie.

"Lazada juga mencatat peningkatan sebesar 46 persen dalam interaksi proaktif dengan AI Lazzie selama gelaran 12.12, dengan lebih dari 15 persen berinteraksi secara proaktif untuk menemukan penawaran terbaik dan menerima rekomendasi produk yang dipersonalisasi," kata Lazada.

Dalam riset bertajuk Artifical Intelligence Adoption in eCommerce in SEA yang dibuat bersama Kantar, Lazada mengungkapkan bahwa 53 persen masyarakat Indonesia merasakan peningkatan pengalaman berbelanja berkat adanya AI.

"Dan 96 persen percaya AI mampu merekomendasikan produk yang paling relevan bagi mereka," tambah Lazada. Temuan ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap AI semakin tinggi, termasuk di e-commerce.