Bagikan:

JAKARTA – Apple Vision Pro akan segera mendukung tampilan konten spasial melalui browser Safari. Hal ini memungkinkan pengguna perangkat Vision Pro untuk melihat foto dan video spasial yang diambil melalui iPhone, sehingga konten tersebut kini bisa diakses lebih luas di luar aplikasi Foto atau aplikasi pihak ketiga.

Konten spasial dapat direkam melalui iPhone 15 Pro dan semua model iPhone 16. Namun, hingga kini, pengalaman menonton konten ini terbatas pada aplikasi Foto di Vision Pro. Upaya aplikasi pihak ketiga dalam mempermudah berbagi media spasial justru menambah kerumitan bagi pengguna.

Menurut informasi yang dibagikan kepada PetaPixel dalam wawancara bersama Product Manager Apple, Della Huff, dan anggota tim desain, Billy Sorrentino, Safari akan segera dapat menampilkan media spasial. Desainer situs web nantinya bisa menambahkan kemampuan untuk menampilkan media spasial kepada pengguna Vision Pro, sementara pengguna perangkat lain akan melihat versi 2D.

Sorrentino menyebut bahwa teknologi ini bahkan bisa mengonversi foto-foto lama menjadi foto spasial, misalnya foto sejarah, ulasan produk lama, foto Perang Dunia II, atau tangkapan layar gim video. “Teknologi ini membawa semua itu ke dimensi berikutnya,” ujarnya.

Dengan pembaruan ini, Safari dapat membuka peluang baru bagi platform media sosial dan situs web untuk menampilkan foto atau video spasial, seperti dalam ulasan produk di situs AppleInsider. Bagi pengguna tanpa Vision Pro, mereka tidak perlu khawatir ketinggalan konten karena pembaruan ini bersifat tambahan dan kompatibel dengan tampilan 2D.

Apple berharap langkah ini dapat memperluas penggunaan konten spasial seiring semakin banyaknya pengguna Vision Pro di masa mendatang.