Bagikan:

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat PDB per kapita masyarakat Indonesia pada tahun 2023 mencapai Rp75 juta dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,05 persen. 

Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih ditopang oleh konsumsi, di mana Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga menjadi yang terbesar kedua, mencapai 4,82 persen.

“Kemampuan dalam mengelola keuangan dengan bijak, terutama saat tanggal gajian tiba, sangat penting untuk dipelajari dan diimplementasikan agar dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan secara efektif,” jelas Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan.

Untuk itu, ShopTokopedia membagikan sejumlah tips mengelola gaji bulanan dengan cermat dan hemat:

Catat semua pendapatan dan pengeluaran

Mencatat semua pendapatan dan pengeluaran merupakan syarat utama dalam mengatur keuangan. Mencatat pendapatan dan membuat pos-pos pengeluaran akan mempermudah pelacakan pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

Gunakan promo untuk belanja kebutuhan harian dan bulanan

Promo dan diskon di e-commerce sangat banyak. Bahkan, ada kampanye khusus di momen spesial yang bisa membuat belanja sehari-hari semakin hemat. “Dengan memanfaatkan promo dan diskon, masyarakat dapat lebih hemat dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan hariannya,” ungkap Aditia.

Jangan lupakan pos tabungan, investasi, dan dana darurat

Tabungan, investasi, dan dana darurat merupakan pos yang perlu diisi setiap bulan ketika mengelola gaji bulanan. Tabungan dan investasi disiapkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, seperti dana traveling, biaya pernikahan, membeli rumah, membeli kendaraan, atau ibadah.

Sementara, dana darurat menjadi pos yang akan digunakan jika ada kondisi darurat terjadi. Misalnya saja ketika rumah mengalami kerusakan atau membantu keluarga dan kerabat. 

Lakukan evaluasi rutin untuk setiap pos pengeluaran

Setiap bulannya, jangan lupa melakukan evaluasi rutin untuk setiap pos pengeluaran. Hal ini penting dilakukan agar dapat melihat lebih jelas pos-pos pengeluaran yang mungkin dirasa tidak terlalu dibutuhkan.

Manfaatkan fitur PayLater dengan bijak 

Salah satu fitur yang ada di setiap platform layanan pembayaran atau belanja online adalah PayLater. Fitur ini bisa menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendapatkan beragam promo menarik.