Bagikan:

JAKARTA - Proyek blockchain layer-1 Aptos (APT) diprediksi segera mencapai titik penting dalam upayanya meraih adopsi arus utama yang lebih luas. Co-founder dan CEO Aptos, Mo Shaikh, mengungkapkan bahwa jaringan Aptos memiliki kecepatan tinggi yang menjadikannya salah satu platform blockchain paling menarik untuk digunakan dalam transaksi pembayaran.

Dalam wawancara terbaru dengan influencer kripto Scott Melker, Shaikh mengatakan bahwa teknologi Aptos, termasuk dompet kripto (cold storage) baru yang dirancang untuk menyimpan portofolio aset digital pengguna, bisa mempercepat adopsi pembayaran berbasis kripto. 

"Kami berharap dalam satu hingga dua tahun ke depan, penetrasi kartu dan dompet digital dapat mencapai lebih dari 20% dari seluruh pengguna kartu atau perangkat seluler. Itu akan menjadi kebanggaan besar bagi kami, dan kami sudah sangat dekat dengan tujuan tersebut," ungkapnya.

Shaikh juga membandingkan Aptos dengan perusahaan teknologi yang tumbuh pesat pada awal berdirinya, seperti Facebook dan TikTok. "Tidak berbeda dengan bagaimana Facebook tumbuh pesat dan kemudian disusul oleh TikTok, kami juga berada di ambang titik penting ini. Produk-produk seperti ini hanya mungkin ada di Aptos karena finalisasi transaksi yang terjadi dalam hitungan detik dan biaya transaksi yang sangat rendah. Saya tidak yakin jaringan pembayaran tradisional bisa bersaing dengan ini," tambahnya.

Menurut Shaikh, inovasi Aptos dapat menciptakan perubahan signifikan di sektor pembayaran digital. "Kita melihat sesuatu yang mirip dengan apa yang dilakukan Netflix terhadap model distribusi konten video. Dalam dua tahun ke depan, kita akan menyaksikan transformasi besar dan mungkin tidak percaya bahwa kita telah membicarakan hal ini sekarang."

Keyakinan terhadap Aptos juga datang dari pelaku industri kripto lainnya. Pendiri BitMEX, Arthur Hayes, baru-baru ini mengatakan bahwa Aptos berpotensi memecahkan banyak masalah di dunia keuangan tradisional (TradFi), dan bahkan memprediksi bahwa Aptos bisa melampaui Solana (SOL) dalam siklus pasar kripto kali ini.

Saat ini, Aptos diperdagangkan di harga Rp144.078 hari ini menurut data CoinGecko pada pukul 11:08 WIB, 9 Oktober 2024. mengalami sedikit kenaikan dalam 24 jam terakhir. Kendati begtu, optimisme terhadap prospek jangka panjang Aptos tetap tinggi, terutama mengingat potensinya untuk menjawab berbagai permasalahan di dunia teknologi dan keuangan.