Bagikan:

JAKARTA – DANA, platform keuangan digital, mengungkapkan bahwa jumlah penggunanya dan transaksinya terus mengalami peningkatan. Seiring dengan pencapaian ini, ancaman siber juga ikut meningkat.

Disampaikan oleh Co-Founder sekaligus CEO DANA Indonesia, Vince Iswara, jumlah pengguna DANA saat ini sudah lebih dari 180 juta dan transaksi per harinya sudah mencapai 39 juta. Layanan digital ini bisa diakses di berbagai wilayah sehingga pencapaiannya cukup besar.

Sebagai salah satu platform yang memanfaatkan teknologi, Vince menyadari bahwa ancaman siber terus mengalami perkembangan. Banyak ancaman yang bermunculan dan DANA berusaha untuk mengatasi masalah ini dengan baik.

"Ada tantangan misalnya ancaman siber online, terus juga tipuan online atau Tipol. Ini banyak dalam bentuk judi online, pinjaman online, scamming, phishing," kata Vince, pada Kamis, 26 September. "Ini semua menjadi consent buat kami supaya bisa mengamankan pengguna di Indonesia."

Dengan banyaknya kasus penipuan online, Vince menyatakan bahwa pihaknya berusaha menghentikan masalah tersebut. Perusahaan ini telah melakukan banyak hal, mulai dari kerja sama dengan pemerintah dan berbagai institusi hingga mendirikan Satuan Kerja Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme.

Untuk menghadapi tantangan dari segi keamanan, DANA berusaha menghadirkan teknologi terbaik dan yang paling canggih untuk para penggunanya. Ada Risk Engine, DANAVIZ, Zero Data Sharing Policy, DANA Protection, dan masih banyak lagi.

"Risk Engine kami ini bisa memproses jutaan atau miliaran proses per hari atau per bulan sehingga kita bisa menganalisis (apakah) transaksi ini aman atau tidak. Kalau transaksinya keliatan tidak aman, itu kita bisa bagikan ajuan dan panduan," jelas Vince.

Teknologi lainnya yang terus DANA tingkatkan adalah DANA Protection. Fitur ini memiliki jenis keamanan yang berlapis seperti OTP, Pin, pernyataan yang berkaitan dengan keamanan, tokenization, face verification dengan DANAVIZ, passkey, dan push verify.

Meski keamanannya sudah ditingkatkan, DANA juga menghadirkan berbagai jaminan kepada pelanggannya, mulai dari Garansi Uang Kembali, sistem Cek Aktivitas Mencurigakan, Konfirmasi Aktivitas Mencurigakan, hingga Lapor Via Aduan Nomor yang berkolaborasi langsung dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).