Bagikan:

JAKARTA - Samsung dikabarkan berencana berinvestasi sebesar 1,8 miliar AS atau setara Rp27,3 triliun ke salah satu pabrik di Vietnam Utara, untuk memproduksi layar OLED untuk mobil dan peralatan teknologi lainnya. 

Pemerintah setempat mengatakan bahwa fasilitas baru itu akan berlokasi di taman industri Yen Phong di provinsi Bac Ninh, di timur Hanoi dan dekat dengan pabrik elektronik Samsung yang ada di sana. 

Pembicaraan terkait investasi Samsung di Vietnam ini terjadi setelah pertemuan antara Perdana Menteri Pham Minh Chinh dan Direktur Jenderal Samsung Vietnam Choi Joo Ho pada Minggu, 22 September kemarin. 

Berdasarkan informasi dari media lokal, Reuters mengatakan bahwa pemerintah Bac Ninh dan Samsung Display juga telah menandatangani nota kesepahaman proyek tersebut di hari yang sama dengan pertemuan tersebut. 

Dengan demikian, kesepakatan ini meningkatkan total investasi Samsung di Bac Ninh menjadi 8,3 miliar dolar AS (126,3 triliun), dari saat ini 6,5 miliar dolar AS (Rp98,9 triliun). 

Di sisi lain, Samsung baru-baru ini kembali menjadi sorotan setelah merilis iklan terbaru yang secara terang-terangan mengejek Apple terkait kurangnya perubahan desain pada iPhone 16. 

Dalam iklan tersebut, Samsung menggunakan elemen yang sangat mirip dengan kampanye ikonik Apple, "Think Different," yang pernah populer pada akhir 1990-an hingga awal 2000-an. 

Pasalnya, penggunaan kata "different” ini jelas mengingatkan pada kampanye iklan "Think Different" milik Apple yang legendaris. Selain itu, font yang digunakan dalam iklan tersebut juga sangat mirip dengan Apple Garamond, font yang dipakai Apple dalam kampanye tersebut dari 1997 hingga 2002.