Proteksi Orang Tercinta dari COVID-19 Lewat Aplikasi PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLIndungi dari penyebaran COVID-19 (Aditya Fajar/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis aplikasi pemantauan dari penyebaran COVID-19. Aplikasi yang bernama PeduliLindungi ini sudah bisa diunduh pengguna Andorid di Google Play Store.

Dalam aplikasi ini tak hanya Kominfo, sejumlah kementerian dan lembaga terkait penanganan pandemi virus corona juga ikut berpartisipasi. Aplikasi PeduliLindungi ini dikembangkan untuk memonitor penyebaran virus corona melalui metode tracing, tracking dan fencing

Seperti diketahui, aplikasi ini dimaksudkan untuk melindungi penggunanya dari kemungkinan penularan dari pasien positif corona, baik dalam keadaan ODP (Orang Dalam Pemantauan) maupun PDP (Pasien Dalam Pengawasan), termasuk pula orang yang tidak menunjukkan gejala COVID-19. 

Aplikasi ini tidak hanya dikhususkan bagi orang-orang dalam kategori pengawasan saja. Masyarakat umum yang tidak memiliki gejala COVID-19 juga bisa meng-instal aplikasi PeduliLindungi sebagai langkah antisipasi dan ikut serta berpartisipasi melindungi orang sekitar.

Secara garis besar, aplikasi ini tidak memakan kapasitas yang cukup besar saat diaktifkan, sekitar 6,7 MB saja dari memori ponsel yang digunakan. Bila sudah terinstal, Anda akan diarahkan untuk mengisi nama lengkap beserta nomor ponsel aktif, kemudian aplikasi ini akan mengirimkan SMS OTP untuk melakukan verifikasi. 

Setelah nomor telepon terverifikasi, Anda diminta untuk mengaktifkan Bluetooth dan Service Location, hal ini berguna agar Kominfo dapat mentracing, tracking dan fencing diri Anda. Tidak perlu khawatir akan kehabisan daya baterai ponsel, karena aplikasi PeduliLindungi akan meminta Anda menyalakan mode Power Saving, artinya Anda bisa menghemat daya saat menggunakan aplikasi ini.

Tangkapan layar beranda aplikasi PeduliLindungi (Tachta Citra Elfira/VOI)

Tampilan saat kita membuka aplikasi PeduliLindungi ini, terdapat pesan singkat yang muncul di tab utama yakni "Pastikan PeduliLindungi aktif saat Anda berpergian dan berada di fasilitas umum seperti di bus, kereta, saat rapat atau di pusat keramaian."

Pada tab notifikasi ponsel juga diberikan peringatan jikalau notifikasi tersebut hilang, Anda perlu me-restart ponsel kemudian buka kembali aplikasi PeduliLindungi, nantinya akan otomatis terkoneksi kembali.

Lalu bagaimana cara kerja aplikasi ini pada gawai Anda? PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh smartphone Anda dengan Bluetooth aktif untuk merekam informaai yang dibutuhkan. Ketika terdapat gadget lain dalam radius Bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran anonim yang akan direkam oleh masing-masing gawai.

PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan pasien positif COVID-19 atau PDP dan ODP. Tentu saja aplikasi ini akan sangat membantu ketika Anda tidak mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja melakukan kontak. Nantinya, Anda akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19, PDP dan ODP.