Xiaomi Ganti Logo, Lei Jun: Apakah Mi Fans Kecewa?
Logo baru Xiaomi (GSM Arena)

Bagikan:

JAKARTA – Raksasa teknologi Xiaomi mengganti logo lamanya dengan desain yang baru. Logo baru itu diperkenalkan oleh Bos Xiaomi, Lei Jun dalam sebuah acara perilisan ponsel lipat terbarunya, Mi Mix Fold pada Selasa 30 Maret.

Sebelumnya logo Xiaomi berbentuk kotak, sedangkan logo barunya hadir dengan tampilan yang lebih segar berbentuk squircle atau persegi namun setiap sisinya melengkung.

Sedangkan tulisan MI tidak mendapat perubahan apa-apa. Tampaknya, perusahaan ingin menjaga orisinalitas tulisan tersebut yang sudah dibuat pertama kali. Jadi mereka hanya mengganti bentuk perseginya saja.

Lei Jun mengunggah logo baru Xiaomi tersebut melalui postingan Twitternya. Logo baru Xiaomi dirancang oleh Kenya Hara, seorang desainer grafis dari Jepang. Lei Jun mengomentari logo baru tersebut, menurutnya logo itu merepresentasikan keadaan Xiaomi saat ini.

Dia juga mempertanyakan apakah penggemar Xiaomi atau Mi Fans merasa kecewa lantaran logo Xiaomi tidak dirombak total. Juga karena logo tersebut hanya diubah jadi memiliki sisi melengkung.

“Apakah Anda kecewa dengan logo ini, bahwa kami hanya membulatkan ujung logo asli?” kata Lei Jun.

“(Logo baru) juga mengubah semangat internal dan juga mentalitas merek kami,” ungkap Lei Jun seperti yang dikutip dari The Verge, Rabu 31 Maret.

Kenya Hara selaku perancang logo tersebut mengungkapkan bahwa logo anyar Xiaomi itu merupakan bentuk refleksi konsep “hidup” yang bersifat filosofis.

Bos Xiaomi itu menafsirkan sendiri konsep “hidup” yang ada dalam logo anyar Xiaomi. Dia mengungkapkan bahwa teknologi mesti bisa memenuhi kebutuhan hidup manusia.

“Orang-orang hidup, oleh karena itu, teknologi sebgai penemuan juga harus hidup,” ungkapnya.