Bagikan:

JAKARTA - Alibaba Cloud meluncurkan solusi large multimodal model (LMM) yang dirancang untuk aplikasi otomotif, yang dikembangkan bersama NVIDIA dan Banma, penyedia solusi kokpit cerdas dari Alibaba. 

Solusi ini, yang akan tersedia untuk produsen mobil di Cina, dan bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih interaktif bagi pemilik mobil dan mentransformasi perjalanan mobilitas cerdas. 

“Teknologi akselerasi model NVIDIA telah secara signifikan mengurangi biaya komputasi dan meminimalkan latensi saat memproses tugas-tugas yang kompleks secara real-time oleh model Alibaba Cloud, memastikan pengalaman cerdas yang lancar bagi pengemudi dan penumpang,” kata Zhou Jingren, CTO Alibaba Cloud di acara Apsara Conference 2024.

Melalui kolaborasi ini, portofolio LLM milik Alibaba Cloud, yaitu Qwen, juga akan terintegrasi dengan mulus dengan platform NVIDIA DRIVE AGX Orin untuk kendaraan tanpa awak. 

Dengan kemampuan canggih Qwen dalam menangani pertanyaan kompleks dan pemrosesan kecerdasan visual, in-car voice assistant nantinya akan menawarkan percakapan dinamis yang interaktif yang bahkan bisa memberikan rekomendasi, seperti tempat wisata terdekat, dan lain sebagainya.

Alibaba Cloud juga berencana bekerja sama dengan NVIDIA untuk mengadaptasi model Qwen pada NVIDIA DRIVE Thor, platform komputasi mobil pusat generasi terbaru dari NVIDIA yang menggabungkan sistem bantuan pengemudi canggih, mengemudi otonom, dan kemampuan kokpit AI dalam satu sistem yang aman dan terjamin.