Bagikan:

JAKARTA - Steam mengumumkan bahwa fitur Steam Families kini sudah tersedia secara luas, menggantikan fitur Family Sharing dan Family Mode, dan memberikan satu tempat untuk Anda mengelola gim apa saja bersama keluarga.

Untuk memulai, Anda bisa membuat Steam Families dan mengundang hingga 5 orang anggota. Anda juga bisa mengelola anggota dari Steam Client di perangkat seluler, atau peramban web.

Setelah itu, ketika bergabung dengan Steam Families, Anda akan secara otomatis mendapatkan akses ke gim bersama yang dimiliki anggota keluarga Anda dan mereka juga bisa mengakses gim lain di perpustakaan Anda. 

Saat ingin login kembali ke Steam, opsi family library baru akan muncul di kolom sebelah kanan sebagai sub bagian dari daftar gim Anda. Kepemilikan atas gim akan tetap dimiliki, namun saat Anda membeli gim baru, maka gim tersebut akan muncul di koleksi Anda.

Steam mengatakan bahwa salah satu keuntungan besar ketika Anda memainkan gim dari perpustakaan keluarga adalah Anda akan mendapatkan data simpanan gim dari siapapun pemainnya.

Bahkan, jika keluarga Anda memiliki lebih dari satu copy gim, beberapa anggota keluarga lainnya bisa memainkan satu gim tersebut secara bersamaan.

“Pengembang bisa memilih untuk tidak mengikutsertakan gim mereka dalam Family Sharing karena alasan teknis atau alasan lainnya kapan pun,” jelas perusahaan.