Bagikan:

JAKARTA - Solusi keamanan Kaspersky berhasil mendeteksi lebih dari 6,6 juta percobaan serangan, di mana penjahat siber mengeksploitasi merek gim anak-anak sebagai umpan, selama periode 1 Juli 2023 - 30 Juni 2024.

Dari 18 gim yang dipilih untuk penelitian, sebagian besar serangan mengincar gim Minecraft, Roblox, dan Among Us. Di mana, ada lebih dari 3 juta percobaan serangan dengan kedok Minecraft diluncurkan selama periode tersebut. 

Menurut Kaspersky, kemungkinan besar, penjahat dunia maya memilih metode serangan ini berdasarkan popularitas gim di kalangan pemain, serta kemampuan gamer untuk menggunakan cheat dan mod

Menurut pakar mereka, tingkat keberhasilan serangan di 2024 ini semakin tinggi karena serangan yang diluncurkan semakin canggih, apalagi dengan adanya teknologi AI, untuk mengotomatiskan dan mempersonalisasi serangan phishing yang lebih mungkin menarik para gamer muda. 

Selain itu, mereka juga menemukan bahwa salah satu penipuan paling umum dalam permainan adalah tawaran untuk menerima skin baru untuk karakter pemain. Beberapa skin umum, sementara yang lain merupakan skin langka, jadi lebih banyak orang yang tergiur dengan tawaran ini. 

Selain itu, perangkap populer lainnya adalah tawaran untuk menerima mata uang dalam gim. Dalam salah satu penipuan yang ditemukan Kaspersky yang mengeksploitasi merek Pokémon GO, pengguna diminta untuk memasukkan nama pengguna untuk akun gim mereka. Selanjutnya, mereka diminta untuk mengikuti survei untuk membuktikan bahwa mereka bukan bot. 

Setelah survei selesai, mereka diarahkan ke situs web palsu, biasanya yang menjanjikan hadiah atau undian gratis. Nantinya, seluruh proses ini adalah cara cerdas untuk mengarahkan pengguna ke penipuan lain yang lebih berbahaya dengan kedok langkah verifikasi yang sah.