Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria memastikan jaringan internet selama  Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) berjalan lancar, termasuk jaringan 5G.

Menurut Nezar, operator telekomunikasi dan pihak penyelenggara telah memasang berbagai infrastruktur pendukung, termasuk jaringan fiber optik dan perangkat yang mendukung teknologi 4G serta 5G, di titik-titik tertentu. 

“Kita pastikan jaringan infrastruktur komunikasinya itu berjalan dengan baik. Kita pastikan jaringan 5G berjalan dengan cukup baik, khususnya di media center dan venue-venue yang menggelar cabang- cabang olahraga,” kata Nezar saat peresmian Media Center PON XXI Aceh-Sumut 2024 dikutip dalam siaran resminya di InfoPublik

Menurutnya, jaringan internet yang lancar sangat dibutuhkan untuk mendukung kinerja para media yang meliput selama acara berlangsung. Selain jaringan internet, Kominfo juga telah bekerja sama dengan Siber Bareskrim Polri dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait keamanan siber selama PON XXI berlangsung.

“Terutama untuk melindungi data peserta, penonton dan publik yang mengakses layanan digital selama PON berlangsung," tambahnya. 

Kementerian Kominfo telah membuka media center di dua lokasi, yakni di Hotel Hermes, Banda Aceh, dan Hotel Horison Diandra di Medan untuk mendukung kerja jurnalis dalam peliputan ajang PON XXI. 

Media center juga sudah mulai beroperasi pada 8-21 September 2024. Nezar berharap ini bisa menunjang kerja awak media untuk dalam melakukan peliputan PON XXI.