Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) perlu memberikan atensi terhadap pembinaan atlet usia dini.

Hal itu dia sampaikan kepada Menpora ketika membuka rapat kerja nasional (Rakernas) KONI di Hotel Pullman Podomoro City, Jakarta, pada Rabu, 3 Juli 2024.

"Pada Rakernas ini, kita berharap KONI mendorong agar federasi nasional olahraga fokus pembinaan usia dini. Nantinya bisa kolaborasi menggunakan Cibubur Youth Elite Sport Center yang tahun ini siap digunakan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Menpora juga menyinggung penyelenggara PON XXI Aceh-Sumut 2024. Ia memastikan PON edisi tahun ini akan berjalan sesuai dengan jadwal.

Dia mengatakan bahwa dua minggu lalu ia bersama Ketua Umum KONI, Marciano Norman, hadir dalam Rapat Terbatas dan memberikan jaminan kepada Presiden Joko Widodo terkait hal itu.

"Pada Rakernas kali ini kami berharap penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi fokus bersama antara Pemerintah, KONI, dan seluruh cabang olahraga," ujar dia.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 merupakan PON pertama di dua Provinsi sejak PON I/1948 di Kota Surakarta. Selain itu, PON tersebut juga menjadi PON pertama dengan jumlah provinsi terbanyak menjadi peserta.

Total ada sebanyak 38 provinsi akan berpartisipasi di sana. Termasuk di antaranya Daerah Otonom Baru (DOB) ditambah kehadiran Ibu Kota Negara (IKN).