Bagikan:

JAKARTA - Awal minggu ini, perusahaan Sony mengumumkan akan menarik Concord - salah satu game besar terbarunya - dari penjualan setelah mendapat tanggapan yang kurang baik dari para kritikus dan pemain.

Game tembak-menembak daring tersebut merupakan upaya terbaru yang menarik perhatian untuk menguasai apa yang disebut pasar "layanan langsung" yang didominasi oleh game-game seperti Fortnite dan Apex Legends yang gagal menarik banyak penonton.

Namun, di tahun yang sepi untuk perilisan PlayStation pihak pertama, Astro Bot telah menerima beberapa skor ulasan tertinggi tahun 2024 dan beberapa kritikus mengatakan bahwa game tersebut merupakan salah satu yang terbaik dari Sony selama berabad-abad.

Intinya, game ini adalah platformer 3D jadul yang penuh dengan referensi sejarah PlayStation selama 30 tahun. Tujuan utama game ini adalah menyelamatkan 300 Astro Bot yang tersembunyi di berbagai level bertema, dengan sekitar setengahnya mengenakan cosplay agar menyerupai karakter dari konsol sebelumnya.

Namun, selain menjadi pengingat nostalgia akan kesuksesan besar Sony, dapatkah game ini juga menjadi pelajaran bagi masa depan perusahaan?

Sony kini berharap sambutan gemilang Astro Bot menghasilkan penjualan besar, tetapi perbandingan dengan kejatuhan cepat Concord sudah mulai dilakukan. Game ini juga menyoroti karakter yang dapat dihidupkan kembali oleh Sony, dan mendorong beberapa orang mempertanyakan apakah perusahaan akan mengalihkan fokusnya baru-baru ini ke pasar layanan langsung.

Hermen Hulst, salah satu dari dua CEO baru yang bertanggung jawab atas divisi game Sony, mengatakan kepada BBC bahwa Astro Bot akan menjadi bagian penting dari portofolio Sony.

"Sangat penting bagi kami untuk menawarkan berbagai macam judul kepada komunitas kami" dan bahwa "Astro Bot mengisi bagian penting dari portofolio kami".kata Hulst.

Ia memuji Tim Asobi karena menciptakan "sesuatu yang istimewa yang ringan dan disukai" dengan "gameplay yang sangat menyenangkan". Astro Bot juga merupakan "kesempatan yang bagus bagi keluarga untuk bermain game bersama", katanya.

Nicolas memilih untuk tidak mengomentari situasi Concord atau langkah-langkah strategis yang lebih besar, tetapi ia setuju dengan bosnya bahwa Astro Bot telah memberikan PS5 sebuah game yang dapat "menjembatani generasi".