Manusia Akan Berdebat dengan AI Bikinan IBM
IBM akan luncurkan AI yang bisa berdebat dengan manusia (Research IBM)

Bagikan:

JAKARTA – International Business Machines (IBM) sedang merancang sebuah kecerdasan buatan (AI) yang dapat menantang manusia untuk berdebat atau beradu argumen. Rencana tersebut akan diwujudkan dalam Project Debater IBM.

AI tersebut akan dilengkapi dengan sistem debat otonom. Hal tersebut sudah diungkapkan dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature pada pekan lalu. Sistem debat otonom itu bisa menggabungkan argumen yang koheren dan meyakinkan dari jutaan konten artikel berita.

Melansir Science Alert, teknologi semakin canggih, dan itu membuat kita takut betapa buruknya media sosial jika Project Debater benar-benar dirilis ke publik.

Project Debater sudah berkembang pesat sejak diuji coba pada 2019 lalu. Waktu itu, AI buatan IBM tersebut masih belum bisa menyatukan argumentasi sehingga bisa mengalahkan perdebatan dengan manusia yang pandai bicara.

“Lebih dari 50 laboratorium di seluruh dunia sedang mengembangkan hal serupa, termasuk tim di berbagai perusahaan perangkat lunak,” tulis Chris Reed dari University of Dundee mengomentari kemunculan AI pendebat manusia.

Di sisi lain, kemunculan AI yang bisa berdebat dengan manusia di kolom komentar online seperti di media sosial akan meramaikan adu komentar yang selama ini dilakukan oleh pengguna media sosial.

Namun, jika hal itu sudah terwujud, bot tersebut akan terus malayani perdebatan sengit pengguna media sosial sampai mereka jenuh dan meninggalkannya. Hal tersebut akan menjadi pilihan manusia, terutama pengguna medsos, apakah mereka lebih memilih membuang-buang waktu berjam-jam berteriak dalam kekosongan digital atau tidak.