Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak aplikasi pengelola tugas di luar sana, tetapi sebagian besar hanya fokus pada tugas pribadi. Bagi mereka yang sering mengingatkan orang lain tentang tugas yang harus dilakukan, pengembang Mustafa Yusuf telah menciptakan Karo, sebuah aplikasi baru yang memungkinkan Anda mengelola dan mengirim tugas ke siapa pun di daftar kontak Anda.

Yusuf sebelumnya juga dikenal sebagai pengembang Tasks, aplikasi to-do lainnya. Namun, jika Tasks lebih fokus pada daftar dan proyek yang lebih kompleks, Karo dirancang lebih sederhana dan ditujukan untuk mendelegasikan tugas kepada orang lain, seperti teman dan keluarga. Antarmuka aplikasi ini dibuat agar tampak seperti Anda sedang menggunakan aplikasi chat.

Ini mungkin adalah fitur paling menarik dari aplikasi ini, karena banyak orang sering perlu mengingatkan seseorang melalui pesan tentang tugas yang harus diselesaikan, dan pesan-pesan ini sering kali hilang dalam percakapan yang panjang.

Dengan Karo, Anda dapat memilih kontak dan memulai “chat.” Setiap yang Anda ketik akan menghasilkan tugas baru untuk diselesaikan. Jika orang tersebut juga memiliki aplikasi Karo, mereka akan melihat tugas itu di dalam aplikasi. Namun, Karo tetap berfungsi untuk siapa saja, bahkan jika mereka tidak memiliki aplikasinya. Dalam hal ini, tugas akan dikirim melalui iMessage, WhatsApp, atau aplikasi pesan lainnya yang Anda pilih.

Orang tersebut akan menerima tautan untuk melihat tugas dan menandainya sebagai selesai, tanpa harus menginstal Karo. Ini sangat berguna untuk bekerja dengan orang yang tidak memiliki iPhone, misalnya. Setelah orang tersebut menandai tugas sebagai selesai, Anda akan menerima notifikasi dan aplikasi Anda akan diperbarui.

Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur menarik lainnya. Karo terintegrasi dengan Apple Reminders, memungkinkan Anda menetapkan tenggat waktu, melampirkan file, memiliki widget, dan bahkan fitur AI untuk membantu Anda mengelola tugas yang lebih besar. Beberapa kritikus teknologi telah menggunakan aplikasi ini selama beberapa waktu dan ini jelas patut dicoba.

Karo tersedia untuk dicoba secara gratis di iOS App Store. Namun, setelah masa uji coba berakhir, diperlukan langganan atau lisensi seumur hidup.