Bagikan:

JAKARTA - Apple dikabarkan sedang menguji beberapa model Mac terbaru yang akan dilengkapi dengan chip M4, dan diprediksi akan diluncurkan pada Oktober 2024, sekitar satu bulan setelah acara peluncuran iPhone 16. Informasi ini muncul setelah log uji pengembang yang baru ditemukan menunjukkan bahwa Apple sedang mempersiapkan perangkat-perangkat ini untuk memastikan kompatibilitas dengan aplikasi pihak ketiga.

Menurut laporan dari Bloomberg, Apple sedang menguji empat model Mac yang belum dirilis dengan kode identifikasi "16,1," "16,2," "16,3," dan "16,10." Keempat model ini merupakan versi dasar dari mesin yang dilengkapi dengan chip M4. Dari empat model tersebut, tiga di antaranya memiliki CPU dengan 10 core, sedangkan satu model yang lebih rendah memiliki CPU dengan 8 core. CPU dengan 10 core juga dilengkapi dengan unit pemrosesan grafis (GPU) 10 core, sementara model dengan 8 core memiliki GPU 8 core. Semua model yang sedang diuji memiliki memori sebesar 16 atau 32 gigabyte.

Uji coba ini menunjukkan bahwa model yang sedang diuji kemungkinan besar adalah lini MacBook Pro terbaru. Dengan adanya pengujian ini, masuk akal jika kita akan melihat peluncuran lini MacBook Pro baru pada Oktober mendatang. Peluncuran pada Oktober ini juga sejalan dengan pola Apple sebelumnya yang memiliki jeda beberapa bulan antara peluncuran chip M-series dasar dengan versi Pro dan Max pada generasi M1 dan M2.

Pada Oktober 2023, Apple memperkenalkan ketiga tingkatan chip tersebut secara bersamaan pada lini MacBook Air. Namun, untuk tahun ini, ada kemungkinan bahwa MacBook Pro dan Mac mini akan mendapatkan pembaruan terlebih dahulu. Sementara itu, iMac juga diprediksi akan mendapatkan pembaruan pada musim gugur ini, tetapi MacBook Air mungkin harus menunggu hingga musim semi 2025 untuk melompat ke chip M4.

Dengan semakin dekatnya peluncuran iPhone 16, penggemar Apple kini memiliki lebih banyak hal untuk dinantikan, terutama dengan kemungkinan peluncuran MacBook Pro dan Mac mini baru dengan chip M4 pada Oktober 2024. Pembaruan ini diharapkan dapat membawa peningkatan performa yang signifikan, sejalan dengan tradisi Apple dalam merilis produk-produk inovatif yang selalu dinantikan oleh penggemar teknologi di seluruh dunia.