Bagikan:

JAKARTA – Beberapa Chromebook menawarkan dua fungsi dalam satu perangkat, yaitu sebagai tablet dan komputer. Biasanya, beberapa perangkat dengan fungsi ini mengaktifkan keyboard virtual di layar.

Saat menggunakan Chromebook dalam mode tablet, perangkat ini akan langsung mengaktifkan keyboard virtual saat pengguna ingin membuat email, membalas pesan, atau membuka kolom teks apa pun yang memerlukan keyboard.

Dalam beberapa kasus, keyboard virtual bisa muncul tanpa diminta, bahkan saat Anda sedang menggunakan Chromebook dalam mode komputer. Biasanya, hal ini terjadi karena bug pada ChromeOS atau kesalahan lainnya pada sistem.

Nonaktifkan Keyboard dari Layar

Saat Chromebook Anda menampilkan keyboard virtual tanpa diminta atau diinginkan, Anda bisa mematikan atau menonaktifkan keyboard-nya. Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan keyboard virtual, dilansir dari Android Police.

  1. Buka menu Aplikasi, lalu buka Pengaturan.
  2. Gulir layar ke bawah dan cari Aksesibilitas.
  3. Ketuk menu Papan Ketik dan Masukan Teks.
  4. Di menu teratas, matikan menu Keyboard di Layar.

Setelah melakukan tahapan di atas, sistem tidak akan menampilkan keyboard lagi di layar sehingga Anda harus menggunakan keyboard fisik yang tersedia. Untuk mengaktifkan kembali keyboard di layar, Anda bisa melakukan tahapan yang sama, kemudian aktifkan Keyboard di Layar.