Bagikan:

JAKARTA – Ada banyak stiker yang bisa diunduh di aplikasi Telegram, tetapi mungkin tidak sesuai dengan selera Anda. Jika Anda tidak bisa menemukan stiker yang tepat, Anda bisa membuat stikernya sendiri.

Pembuatan stiker di Telegram tidak sulit, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Pertama Anda perlu menyiapkan bahan stiker, yaitu file gambar. Selanjutnya, siapkan hal lainnya seperti aplikasi pengeditan gambar dan bot stiker.

Ketiga hal ini sangat diperlukan untuk membuat stiker, khususnya bot stiker. Untuk mencari bot, Anda bisa mengetikkan 'bot stiker' di bilah pencarian Telegram. Jika semua persiapannya sudah lengkap, Anda bisa langsung mengikuti cara pembuatan berikut ini, dilansir dari How to Geek.

Pengeditan Bahan Stiker

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi pengeditan, lalu buka kanvas berukuran 512p x 512p. Setelah itu, impor gambar yang ingin diedit, kemudian hapus latar belakangnya. Anda bisa memotongnya dengan rapi atau tidak.

Akan lebih baik jika aplikasi pengeditan yang Anda gunakan memiliki fitur khusus untuk menghapus latar belakang sehingga Anda tidak perlu memotongnya secara manual. Jika sudah, simpan gambarnya dengan format PNG atau WEBP.

Buat Stiker dengan Bot

Setelah gambar tersimpan di Galeri, buka aplikasi Telegram dan cari bot resmi dari platform tersebut. Untuk mempermudah pencarian, Anda bisa memasukkan @stickers di bilah pencarian, setelah itu klik ruang obrolan yang muncul di bagian atas.

Berikutnya, klik tombol Mulai untuk mengaktifkan bot, lalu ketik /newpack dan kirim di ruang obrolan. Selanjutnya, kirimkan nama stiker yang diinginkan, kemudian unggah file yang sudah diedit. Terakhir, kirimkan emoji yang akan ditautkan ke stiker tersebut.