Bagikan:

JAKARTA - Apple Watch terus menjadi produk penting bagi semua orang dengan fitur pemantauan kesehatannya yang menyelamatkan nyawa. Kisah terbaru datang dari California, melalui Rich DeMuro dari KTLA. Ia  menunjukkan bagaimana satu fitur yang tidak terlihat dapat mengungkap masalah kesehatan yang tidak terpantau.

Peter Moore, seorang penduduk Montecito, California, mengaitkan keselamatannya dengan Apple Watch setelah perangkat tersebut memberitahunya tentang kondisi jantung yang kritis.

“Perangkat kecil ini menyelamatkan hidup saya,” kata Moore. Moore, mantan eksekutif teknologi, sedang dalam perjalanan ke bandara untuk menjemput putrinya ketika dia mulai merasa tidak enak badan. “Saya merasa sedikit pusing dan lemas. Saya pikir berhenti sebentar di Starbucks mungkin bisa membantu,” kata Moore.

Namun, Moore segera menerima pemberitahuan dari Apple Watch-nya. “Ponsel saya memberi tahu tentang denyut jantung rendah, sesuatu yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Denyut jantung saya turun ke 32, dan jam tangan terus bersikeras bahwa ada sesuatu yang salah,” jelas Moore. Khawatir, dia menghubungi istrinya, yang segera membawanya ke rumah sakit.

“Dokter bergegas masuk dan berkata, 'Ini serius. Anda membutuhkan pacemaker segera,’” kenang Moore. Dr. Omid Yousefian, seorang ahli elektrofisiologi jantung di Sansum Clinic Cardiology, mengakui peran penting Apple Watch. “Jam tangannya memainkan peran penting dalam menyelamatkan hidupnya,” kata Yousefian.

“Bagi kami para dokter, gejala adalah hal yang paling penting. Dia diberi peringatan oleh jam tangannya dan menghubungkan peringatan itu dengan gejalanya, yang membawanya untuk segera mencari bantuan medis. Respon cepat itu sangat penting,” ungkap Yousefian.

Moore mendapat implan pacemaker dalam beberapa jam untuk mengatur denyut jantungnya. “Saya merasa baik sekarang,” kata Moore. Selalu menjadi penggemar teknologi, Moore kini memiliki pandangan lebih tinggi terhadap Apple Watch-nya. “Nilai dari perangkat yang dapat dikenakan tidak hanya dalam penggunaan sehari-hari tetapi juga dalam pemantauan kesehatan secara real-time. Dalam kasus saya, ini menyelamatkan hidup saya,” simpul Moore.

Notifikasi denyut jantung tinggi dan rendah tersedia di Apple Watch Series 1 dan yang lebih baru untuk pengguna berusia 13 tahun ke atas.