Bagikan:

JAKARTA - Headset Apple Vision Pro kini dapat dikendalikan hanya dengan menggunakan pikiran, berkat integrasi dengan antarmuka otak-komputer (BCI) dari startup neuroteknologi Synchron.

Apple akhir Juli  mengumumkan bahwa Vision Pro telah berhasil digunakan oleh seorang pasien melalui kontrol otak langsung yang difasilitasi oleh teknologi BCI Synchron. Mark, seorang pria berusia 64 tahun yang menderita amyotrophic lateral sclerosis (ALS), menunjukkan integrasi ini.

Dengan teknologi ini, Mark dapat mengendalikan kursor di Vision Pro untuk bermain Solitaire, menonton Apple TV, dan mengirim pesan teks tanpa menggunakan tangannya, yang tidak lagi bisa digerakkan karena kondisinya. Ketergantungan Vision Pro pada gerakan tangan akan menjadi penghalang bagi pengguna seperti Mark yang telah kehilangan fungsi anggota tubuh atasnya.

Mark telah berlatih berbagai keterampilan dan fungsi dengan BCI-nya dua kali seminggu sejak implantasi pada Agustus 2023. Dia mencatat bahwa menggunakan BCI untuk mengendalikan Vision Pro mirip dengan menggunakannya untuk iPhone, iPad, dan komputer. Kumpulan fitur aksesibilitas Apple di seluruh platformnya diakui karena keunggulannya, itulah sebabnya Synchron awalnya fokus pada integrasi BCI-nya dengan perangkat Apple.

Antarmuka otak-komputer Synchron memungkinkan individu dengan keterbatasan fisik parah untuk mengendalikan perangkat digital dengan pikiran mereka. BCI diimplan di pembuluh darah di permukaan korteks motorik melalui prosedur endovaskular yang minimal invasif. Perangkat ini mendeteksi niat motorik dari otak dan mentransmisikan sinyal ini secara nirkabel ke perangkat eksternal, memungkinkan kontrol tanpa tangan. Tom Oxley, CEO dan Pendiri Synchron, mengatakan:

"BCI adalah platform untuk menghubungkan kembali orang-orang yang mengalami cedera atau penyakit ke lanskap teknologi konsumen yang bergerak cepat. Vision Pro adalah sistem yang kuat, tetapi bergantung pada penggunaan gerakan tangan untuk mengontrol UI-nya. Kami mengirimkan sinyal kontrol langsung dari otak untuk menggantikan kebutuhan akan gerakan tangan. Kami bergerak menuju standar Bluetooth baru untuk Interaksi Manusia-Komputer yang tidak memerlukan sentuhan atau ucapan. Ini adalah kebutuhan yang sangat tidak terpenuhi bagi jutaan orang dengan kelumpuhan."

Synchron sedang mempersiapkan studi klinis berskala lebih besar untuk memperluas jangkauan teknologi BCI-nya. Mereka telah mengimplan BCI-nya pada enam pasien di Amerika Serikat dan empat di Australia. Perusahaan terus mencari persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) AS untuk mengkomersialkan teknologinya.