Bagikan:

JAKARTA - Apa bahan favorit Anda saat memegang ponsel? Plastik yang tahan lama dan kuat? Logam yang dingin dan kokoh (anti ledakan)? Sesekali, kita memasang casing ponsel dengan bahan yang lebih eksotis seperti kain atau kayu, namun jarang sekali kita mendapatkan ponsel yang benar-benar terbuat dari bahan tersebut.

Akan tetapi, "jarang" bukan berarti "tidak pernah," dan pekan ini Xiaomi memperkenalkan Mix Flip foldable barunya dengan opsi lapisan nylon tenun. Pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun, membahas pilihan tersebut di X, sambil memamerkan desain akhirnya.

Mix Flip adalah upaya pertama Xiaomi dengan bentuk lipat clamshell ini, dan tampaknya mereka tidak setengah-setengah dalam usaha ini. Pada bagian atas ponsel, itu berarti melengkapinya dengan layar luar yang luas dari tepi ke tepi yang bisa bersaing dengan Samsung dan Motorola.

Namun kini kita akan melihat bagian bawahnya, dan sementara ulasan fokus pada varian logam yang lebih tradisional, perangkat keras ini juga hadir dalam edisi serat nylon.

Melihat gambar yang dibagikan Lei, opsi ini terlihat sangat cerdas. Teksturnya, meski monokromatik, masih memiliki pola dasar yang menyenangkan, dan  tidak bisa tidak memikirkan betapa nyamannya perangkat ini saat dipegang.

Lei mengidentifikasi ini sebagai nylon in-house Xiaomi yang "mempertahankan rasa lembut dan halus dari nylon alami, sambil menunjukkan ketahanan luar biasa."  

Nylon memang plastik yang cukup tahan lama — meskipun itu umumnya ketika kita memikirkannya dalam bentuk padat. Ditenun menjadi benang halus seperti ini, tentu tidak bisa tidak merasa sedikit khawatir bahwa lapisan halus dan lembut ini akhirnya akan mulai mengelupas seiring waktu.

Itu masalah ketika kita berbicara tentang casing ponsel berbahan kain, tapi masalah yang sangat berbeda ketika itu adalah smartphone seharga  1.200 dolar AS ini. Bagaimana Mix Flip akan bertahan beberapa bulan ke depan? Publik pasti sangat menantikan untuk mengetahuinya.