Bagikan:

JAKARTA – Spotify meluncurkan fitur AI DJ pada Februari tahun lalu. Fitur ini awalnya hanya menyediakan varian suara dengan bahasa Inggris, tetapi kini Spotify menambahkan versi bahasa Spanyol.

Suara bahasa Inggris untuk fitur ini diisi oleh Xavier Jernigan, salah satu staf Spotify, sedangkan versi bahasa Spanyol dibuat oleh Olivia Quiroz Roa selaku editor senior di Spotify. Bagi pengguna yang bisa mengakses fitur ini, mereka bisa memilih suara yang diinginkan.

Rekaman audio dari dua pengisi suara ini akan diolah oleh Kecerdasan Buatan (AI) dan ditampilkan dalam bentuk komentar seperti di radio. Komentar ini akan memberikan konteks atau informasi tambahan terkait lagu yang sedang diputar.

Menurut Spotify, fitur AI DJ akan mencegah pengguna untuk beralih ke lagu lain karena mereka ingin mendengarkan komentar DJ. Berdasarkan hasil pengamatan Spotify, rata-rata pengguna menghabiskan lebih banyak waktu untuk mendengarkan DJ.

"AI DJ menambahkan momen menyenangkan pada pengalaman mendengarkan Anda yang akan membuat Anda terus datang kembali untuk menonton lebih banyak lagi," kata Spotify.

Selain menampilkan komentar yang menarik, fitur AI DJ dipersonalisasi berdasarkan selera musik pengguna. Oleh karena itu, pengguna bisa mendengarkan rekomendasi lagu hingga selesai tanpa mengganti lagu pilihan AI DJ.

Fitur AI DJ dalam bahasa Spanyol ini baru tersedia dalam versi beta bagi para pengguna paket Premium. Setelah dirilis dalam versi publik, fitur ini akan tersedia di beberapa negara Amerika Latin seperti Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Meksiko, dan lainnya.