Bagikan:

JAKARTA – Kategori produk vintage buatan Apple kini menyertakan tiga perangkat baru. Tiga perangkat yang dianggap sudah jadul atau sudah tua adalah iPhone X, AirPods generasi pertama, dan HomePod asli.

Apple menjelaskan bahwa perangkat akan dianggap vintage atau kuno jika penjualan atau pendistribusiannya sudah dihentikan lebih dari lima tahun dan kurang dari tujuh tahun. iPhone X masuk ke dalam jajaran ini karena diluncurkan pada tahun 2017.

Di situs resminya, Apple memasukkan iPhone X ke dalam kategori Produk iPhone Jadul di Seluruh Dunia. Dalam beberapa tahun ke depan, perangkat ini akan masuk ke dalam daftar perangkat yang sudah usang atau sudah tidak layak untuk digunakan.

Ketika masuk ke dalam kategori usang seperti jajaran iPhone 5 dan 6, Apple akan menghentikan semua layanan perangkat kerasnya, terlebih lagi pembaruan perangkat lunaknya sudah tidak ada. Suku cadang untuk produk ini juga sudah tidak tersedia.

Anda tidak perlu khawatir jika masih menggunakan iPhone X hingga saat ini. Meski masuk ke dalam kategori jadul, iPhone X masih bisa diperbaiki oleh penyedia layanan, tetapi perbaikannya akan disesuaikan dengan ketersediaan suku cadang.

Tak jauh dari tahun kelahiran iPhone X, AirPods generasi pertama sudah dianggap jadul karena perangkat ini diluncurkan pada September 2016 bersama dengan iPhone 7. Ini merupakan AirPods pertama yang masuk ke dalam jajaran kategori jadul.

Sementara itu, HomePod merupakan perangkat yang Apple pamerkan di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2017, tetapi perangkatnya baru diluncurkan di tahun 2018. Perangkat ini layak disebut jadul karena produksinya sudah dihentikan pada tahun 2021.