Keluarga Baru Samsung Galaxy A52 dan A72, Ini Harganya di Indonesia
Samsung Galaxy A series (dok. Samsung Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung resmi memperkenalkan tiga model terbaru di Galaxy A series, yakni A52, A52 versi 5G dan A72. Kehadiran trio Samsung ini diungkap dalam acara "Galaxy Awsome Unpacked" yang digelar secara virtual.

Jajaran smartphone terbaru Samsung ini membawa spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang menarik. Ketiga Galaxy A series ini melepas image ponsel kelas menengah Samsung yang sebelumnya dianggap mahal untuk spesifikasi yang diusungnya.

“Galaxy A52, A52 5G, dan A72 mengemban filosofi brand yang dimiliki oleh Galaxy: inovasi terkini, layanan serta fitur, dengan harga yang terjangkau," ujar Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, Rabu, 17 Maret.

Meski terlihat mirip dan memiliki spesifikasi fitur yang seragam diadopsi oleh seluruh perangkat Galaxy A teranyar ini. Ada beberapa aspek pembeda yang bisa dilihat dari bentangan layar dan kapasitas baterainya.

Punya Layar 90Hz

Hal menarik dari keluarga Galaxy A Series, semua lininya sudah dibekali dengan layar berjenis Super AMOLED yang memiliki refresh rate 90 Hz dan touch responsive rate mencapai 180 Hz. Layar ini masih mengusung resolusi Full HD+ dan punch hole sebagai rumah kamera depannya. 

Masih di aspek display, layar Galaxy A52, A52 5G, dan A72 juga sudah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5 dan memiliki tingkat kecerahan hingga 800 nits yang diklaim tetap cerah meski di bawah terik sinar matahari. Tak kalah pentingnya layar Galaxy A52 dan A72 sudah tersertifikasi Eye Care Display.

Kamera

Beralih ke bagian belakang, baik Galaxy A52 dan A72 punya konfigurasi empat kamera, hanya saja dengan komposisi yang berbeda. Namun Samsung telah membekali sejumlah fitur anyar di kedua ponsel tersebut.

Mulai dari Optical image stabilization (OIS), Single Take, super steady, perekaman 4K dan Fun Mode yang berkolaborasi dengan Snapchat. Semua fitur dan keempat lensa kamera itu ditampung dalam modul persegi.

Untuk Galaxy A52 punya kamera utama 64 MP, disandingkan lensa ultra-wide 12 MP, sensor depth 5 MP dan makro 5 MP. Ponsel ini punya kemampuan zoom 10x.

Sedangkan di Galaxy A72, Samsung tetap membekali kamera utama beresolusi 64 MP yang dipadupadankan dengan lensa ultra-wide 12 MP, makro 5 MP. Pembeda di model ini Samsung menambahkan lensa telefoto 8 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur optical zoom hingga 3x dan SpaceZoom hingga 30x.

Hardware

System on Chip (SoC) di kedua ponsel ini menggunakan chipset Snapdragon 720G dengan dua opsi RAM 6/8 GB, serta opsi memori internal (128/256 GB). Adapun versi pembeda di Galaxy A52 yang sudah mendukung jaringan 5G dibanding varian regulernya.

Untuk baterai Galaxy A52 berkapasitas 4.500 mAh, sedangkan Galaxy A72 memiliki kapasitas yang lebih besar, yakni 5.000 mAh. Keduanya sudah mendukung teknologi pengisian cepat 25 watt dan fitur Power Saving Mode yang bisa bantu memperpanjang daya baterai untuk penggunaan lebih lama.

Seluruh ponsel Galaxy A terbaru ini sama-sama dibekali sertifikat IP67. Selain itu ada fitur NFC untuk kemudahan pengisian saldo uang elektronik (e-money), kemudian ada speaker stereo dengan fitur Dolby Atmos. 

Ada pula pemindai sidik jari optik (optical fingerprint) yang sudah dibenamkan di bawah permukaan keempat ponsel ini. Keluarga baru Galaxy A series sudah menjalankan sistem operasi Android 11 dengan tampilan antarmuka One UI 3.0.

Semua lini Galaxy A52, A52 5G dan A72 hadir dalam balutan warna Awesome Black, Awesome Blue, Awesome White, dan Awesome Violet. Tidak seperti trio Galaxy S21, seluruh ponsel terbaru Galaxy A Series tetap menyematkan kepala (adapter) charger dalam paket penjualannya.

Ponsel ini sudah bisa dipesan mulai 17 Maret dengan program promo peluncuran hingga 19 Maret mendatang. Untuk banderol harganya, Samsung Galaxy A52, A52 5G dan A72 dijual mulai Rp3 jutaan hingga Rp6 jutaan di Indonesia.