Bagikan:

JAKARTA - Startup Studio Indonesia (SSI) mengumumkan peluncuran SSI X, sebuah inisiatif yang dirancang untuk mendukung startup digital dalam akselerasi produk untuk memperkuat ekosistem startup digital di Indonesia. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa program ini diharapkan bisa mendorong akselerasi perkembangan startup Indonesia. 

“Melalui kolaborasi antar SSI  X dan IBM, startup Indonesia akan mampu mengembangkan kesiapan dan kemampuan keamanan siber dalam mengoptimalkan manfaat dari AI,” ungkap pria yang akrab disapa Semmy dalam siaran resminya pada Kamis, 27 Juni. 

Melalui dukungan dari tim founder atau product team yang berpengalaman, SSI X bertujuan untuk menyediakan informasi dan bimbingan praktis dalam membangun produk teknologi dan proyeksi finansial.

“Inisiatif ini juga memberikan kesempatan untuk kami bisa berbagi keahlian dan kemajuan teknologi yang diciptakan IBM, agar startup di Indonesia dapat mencapai potensi terbaiknya, dengan memanfaatkan teknologi terkini seperti artificial intelligence, otomatisasi, dan teknologi tepat guna lainnya,” ujar Roy Kosasih, Presiden Direktur IBM Indonesia. 

IBM pun percaya bahwa akses terhadap solusi teknologi dan integrasi AI dalam aplikasi bisnis dapat membantu ekosistem startup di Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang ke tingkat berikutnya yang lebih baik.

Berikut merupakan 10 startup yang berhasil lolos ke program SSI X: Algobash (Platform penilaian untuk karyawan), Amtiss (Sistem monitoring operasional dan maintenance alat berat), BETA-UAS, (Penyedia desain pembuatan pesawat tanpa awak), Botika (Perusahaan penyedia layanan chatbot, voicebots dan solusi omnichannel), san Chickin (Perusahaan agritech yang menyediakan solusi terintegrasi untuk peternak ayam broiler). 

Ada juga DoctorTool (Startup penyedia Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk fasilitas kesehatan), Investly.id (Platform riset investasi & analisis manajemen portofolio), Safelog.ai (Startup penyedia tools pemeriksaan latar belakang karyawan), TruClimate (Startup teknologi iklim) dan Untukmu.ai (Startup penyedia rekomendasi hadiah berbasis AI).