Bagikan:

JAKARTA – Apple merilis versi terbaru dari Final Cut Pro, perangkat lunak pengeditan video profesional, pada Jumat, 21 Juni. Fitur ini mendapatkan beberapa pembaruan dan akhirnya tersedia di perangkat selain Mac.

Dalam keterangan resminya, Apple mengatakan bahwa mereka telah meluncurkan Final Cut Pro versi 10.8 dengan alur kerja yang lebih efisien dan berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Aplikasi ini pun sudah tersedia di iPad 2 dan bisa diunduh di Apple Store.

Di versi terbaru ini, pengguna bisa melakukan rendering hingga dua kali lipat lebih cepat dan bisa melakukan streaming ProRes RAW hingga empat kali lipat lebih banyak. Dari segi fleksibilitas, Final Cut Pro mendapatkan penyimpanan yang lebih besar.

"Final Cut Pro untuk iPad 2 kini mendukung proyek eksternal, fitur yang paling banyak diminta. Pengguna dapat membuat proyek baru atau membuka proyek yang sudah ada tanpa menggunakan ruang penyimpanan internal," kata Apple.

Khusus untuk iPad, pengguna bisa menjalankan aplikasi Final Cut Pro sambil menggunakan Apple Pencil Pro terbaru. Pengguna iPad juga bisa memanfaatkan gulungan barel untuk mengontrol alat Live Drawing dan menekan untuk menarik kuas.

Apple juga memperbarui fitur Live Multicam yang membuat pengguna bisa terhubung secara nirkabel dan melihat empat kamera sekaligus. Aplikasi pengeditan video ini juga mendapatkan peningkatan di cahaya, warna, serta gerakan lambatnya.

"Tingkatkan Cahaya dan Warna secara otomatis menyesuaikan video untuk koreksi warna, sementara Smooth Slo-Mo dengan cerdas memadukan bingkai video untuk gerakan berkualitas tertinggi," jelas Apple.

Bagi pengguna lama, pembaruan Final Cut Pro untuk iPad 2 dan Mac 10.8 sudah tersedia dan bisa diunduh secara gratis. Untuk pengguna baru, mereka harus berlangganan 4,99 dolar AS (Rp82 ribu) per bulan atau 49 dolar AS (Rp806 ribu) per tahun.