Bagikan:

JAKARTA – Anda sebaiknya tahu nomor seri dari laptop yang Anda gunakan karena nomor ini bisa dibutuhkan kapan pun. Saat ingin mengeklaim garansi atau melaporkan pencurian perangkat, nomor seri laptop Anda akan ditanya. 

Oleh karena itu, nomor seri laptop sangat penting untuk diingat atau setidaknya dicatat di aplikasi Notes ponsel Anda. Ada banyak cara untuk mengetahui nomor seri laptop, mulai dari membuka informasi sistem hingga menjalankan perintah sederhana.

Mengutip dari Makeuseof, Anda bisa menggunakan metode paling sederhana dengan membuka sistem operasi dari perangkat Anda. Perlu diingat bahwa cara membuka informasi sistemnya berbeda untuk perangkat dengan sistem Windows dan iOS.

Mencari Nomor Seri Laptop Windows

  1. Buka Pencarian Windows dan masukkan Command Prompt di bilah pencarian.
  2. Klik kanan di aplikasi Command Prompt, lalu pilih Run as Administrator.
  3. Masukkan perintah wmic bios get serialnumber.
  4. Tekan Enter dan nomor seri akan muncul.

Mencari Nomor Seri Laptop MacOS

  1. Tekan pintasan Command dan Spasi di keyboard.
  2. Setelah pencarian Spotlight muncul, ketik Terminal.
  3. Klik Enter dan masukan perintah system_profiler SPHardwareDataType.
  4. Tekan Enter dan nomor seri Akan muncul.

Jika perangkat Anda sudah terlanjur mengalami masalah dan Anda membutuhkan nomor seri dari perangkat tersebut, Anda bisa mencari box aslinya untuk melihat label fisik yang ditempelkan.

Biasanya, label dengan nomor seri ada di bagian bawah box. Jika tidak ada nomor seri di label yang terlihat, Anda bisa membuka baterai laptop Anda dan mengeluarkan baterai dari tempatnya untuk melihat nomor seri yang tercetak.