Bagikan:

JAKARTA - Fidelity International, lembaga keuangan yang namanya telah lama dikenal di seluruh dunia, kini resmi menjadi bagian dari Jaringan Tokenisasi JPMorgan, atau Tokenized Collateral Network (TCN). TCN, yang dibangun di atas Onyx Digital Assets—jaringan blockchain pribadi JPMorgan yang berbasis Ethereum—merupakan inisiatif yang menandai semakin eratnya keterlibatan institusi keuangan tradisional dengan teknologi blockchain.

Fidelity International, yang beroperasi secara independen dari perusahaan serupa di Amerika Serikat, telah mengambil langkah progresif dengan melakukan tokenisasi saham dari dana pasar uangnya melalui TCN. Langkah ini memungkinkan Fidelity untuk menggunakan saham dana pasar uang sebagai jaminan tanpa perlu mengubahnya menjadi uang tunai terlebih dahulu. Dalam situasi pasar yang tidak menentu, langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan stabilitas.

Dikutip dari Blockworks, JPMorgan mengatakan, “Langkah ini memungkinkan kami untuk memposting saham MMF sebagai jaminan secara langsung, tanpa perlu menebusnya menjadi uang tunai, yang menawarkan prospek efisiensi dan stabilitas yang lebih besar di saat stres pasar.”

BACA JUGA:


TCN, yang memulai perjalanannya dengan tokenisasi saham pasar uang, berencana untuk memperluas cakupannya ke ekuitas, pendapatan tetap, dan berbagai kelas aset lainnya. Kemampuan untuk men-tokenisasi aset dan menggunakannya dalam struktur transfer judul dan janji, yang dapat beroperasi di luar jam pasar tradisional, berpotensi menciptakan peluang baru dalam pasar jaminan.

Transaksi tokenisasi pertama di TCN terjadi pada Oktober tahun lalu, dengan layanan perdagangan JPMorgan bekerja sama dengan Onyx Digital Assets untuk mengembangkan jaringan ini.

Keerthi Moudgal, kepala produk Onyx Digital Assets, menyambut partisipasi Fidelity di TCN dengan antusias, mengatakan bahwa ini membawa unit MMF mereka ke jaringan melalui tokenisasi. “Kehadiran Fidelity di TCN menambahkan aset baru yang sebelumnya sulit digunakan dalam lanskap jaminan saat ini,” ujar Moudgal.

Stephen Whyman, kepala pasar modal utang di Fidelity International, menekankan pentingnya langkah ini. “Tokenisasi saham dana pasar uang kami untuk digunakan sebagai jaminan merupakan langkah penting dan alami dalam evolusi teknologi ini. Manfaatnya bagi klien kami dan sistem keuangan yang lebih luas sangat signifikan, terutama dalam hal efisiensi dalam memenuhi persyaratan margin dan pengurangan biaya transaksi serta risiko operasional,” kata Whyman.