Bagikan:

JAKARTA - Rencana Meta untuk menggunakan data pribadi guna melatih model kecerdasan buatan (AI) tanpa mencari izin mendapat kecaman dari kelompok advokasi NOYB pada Kamis, 6 Juni yang meminta penegak privasi di seluruh Eropa untuk menghentikan penggunaan tersebut.

NOYB (none of your business) mendesak pengawas privasi nasional untuk bertindak segera, dengan mengatakan bahwa perubahan terbaru dalam kebijakan privasi Meta, yang mulai berlaku pada 26 Juni, akan memungkinkan perusahaan tersebut menggunakan data pribadi dari pos, gambar pribadi, atau data pelacakan online selama bertahun-tahun untuk teknologi AI pemilik Facebook.

Kelompok advokasi tersebut mengatakan telah meluncurkan 11 keluhan terhadap Meta dan meminta otoritas perlindungan data di Austria, Belgia, Prancis, Jerman, Yunani, Italia, Irlandia, Belanda, Norwegia, Polandia, dan Spanyol untuk meluncurkan prosedur darurat karena perubahan yang akan segera terjadi.

Meta menolak kritik NOYB dan merujuk pada blog tanggal 22 Mei di mana perusahaan mengatakan bahwa mereka menggunakan informasi yang tersedia secara publik dan berlisensi untuk melatih AI serta informasi yang dibagikan secara publik oleh pengguna di produk dan layanannya.

Namun, pesan yang dikirim ke pengguna Facebook mengatakan bahwa Meta mungkin masih memproses informasi tentang orang-orang yang tidak menggunakan produk dan layanannya atau tidak memiliki akun jika mereka muncul dalam gambar atau disebutkan dalam pos atau keterangan yang dibagikan oleh pengguna.

"Kami yakin bahwa pendekatan kami mematuhi undang-undang privasi, dan pendekatan kami konsisten dengan cara perusahaan teknologi lain mengembangkan dan meningkatkan pengalaman AI mereka di Eropa (termasuk Google dan Open AI)," kata seorang juru bicara Meta dikutip VOI dari Reuters.

NOYB telah mengajukan beberapa keluhan terhadap Meta dan perusahaan teknologi besar lainnya atas dugaan pelanggaran Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) Uni Eropa yang mengancam denda hingga 4% dari total omset global perusahaan untuk pelanggaran.

Meta sebelumnya telah menyatakan kepentingan yang sah untuk menggunakan data pengguna guna melatih dan mengembangkan model AI generatif serta alat AI lainnya, yang dapat dibagikan dengan pihak ketiga.