Bagikan:

JAKARTA – vivo, produsen smartphone asal China, akan meluncurkan ponsel lipat pertamanya di kelas flagship. Ponsel yang akan diluncurkan adalah vivo X Fold3 Pro dengan klaim desain ultra light dan ultra slim.

Dengan tajuk Dual Flagship Smartphones: Beyond Excellence, vivo X Fold3 Pro diyakini akan memberikan pengalaman di level yang lebih premium. vivo belum mengungkapkan tanggal peluncurannya, tetapi perangkat ini akan dirilis dalam waktu dekat.

Product Manager vivo Indonesia, Hadie Mandala, mengatakan bahwa ponsel lipat di kelas flagship ini merupakan inovasi terbaru dari vivo yang tetap mengutamakan kebutuhan pengguna. Perangkat ini didesain dengan kinerja tingkat tinggi.

"vivo X Fold3 Pro menetapkan standar baru dalam industri smartphone lipat lewat desain yang ringkas dan fungsional tanpa mengesampingkan aspek penting dari sebuah smartphone lipat, yaitu performa dan fitur-fitur unggulan untuk memaksimalkan produktivitas," kata Hadie.

Ada beberapa bocoran mengenai perangkat lipat pertama dari vivo. Perangkat ini akan menggunakan baterai Equivalent 5700mAh BlueVolt, teknologi yang menjadi ciri khas dari vivo. Meski baterainya cukup besar, perangkatnya akan tetap tipis.

X Fold3 Pro akan didesain menggunakan Armor Architecture sehingga badannya lebih tahan dan lebih tangguh. Tak hanya itu, ponsel flagship ini juga menggunakan Armor Glass yang dirancang khusus untuk membuat layar lebih tahan terhadap tekanan dan goresan.

vivo bukan satu satunya produsen smartphone yang merilis ponsel lipat. Ada beberapa perusahaan yang telah merilis ponsel lipat dan bisa menjadi pesaing dari vivo X Fold3 Pro. Berikut ini beberapa merek lain yang meluncurkan ponsel lipat.

  • OPPO Find N3: Ponsel ini dirilis pada November tahun lalu sebagai penerus OPPO Find N2. Perangkat ini menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 dengan baterai 4.085mAh kapasitas 12GB + 256GB.

  • Xiaomi Mix Fold 3: Perangkat yang dirilis pada Agustus tahun lalu ini juga menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 buatan Qualcomm. Ponsel ini memiliki baterai 4.800mAh dan kapasitas hingga 1TB.

  • OnePlus Open: Perangkat ini dirilis pada Oktober tahun lalu dengan chipset buatan Qualcomm juga. Perangkat ini memiliki sistem operasi bawaan Android 13, tetapi bisa di-upgrade menjadi Android 14.