Bagikan:

JAKARTA - Para penumpang biasanya diberitahu bahwa turbulensi tidak perlu dikhawatirkan. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh penerbangan SQ321 dari Singapura pada Selasa 21 Mei, turbulensi dapat berakibat fatal. Geoff Kitchen, seorang pria Inggris berusia 73 tahun, meninggal karena dugaan serangan jantung. Sementara  beberapa penumpang lainnya mengalami cedera serius akibat turbulensi hebat yang dialami pesawat pada ketinggian sekitar 37.000 kaki.

Penumpang dilaporkan terlempar hingga melakukan salto, pingsan, dan meninggalkan kabin dalam 'genangan darah' saat pesawat tiba-tiba turun sekitar 6.000 kaki dalam hitungan menit.

Ilmuwan kini memperingatkan bahwa perubahan iklim memperburuk turbulensi pada pesawat, menyebabkan gerakan tiba-tiba dan hebat yang meningkatkan risiko kematian.

Isabel Smith, peneliti turbulensi dari departemen meteorologi Universitas Reading, menjelaskan kepada MailOnline bahwa pemanasan global membuat aliran jet – arus udara cepat yang sempit yang digunakan pesawat untuk mempercepat – menjadi lebih 'kacau'.

"Jumlah turbulensi sangat terkait dengan kecepatan dan kecepatan aliran jet. Saat kecepatan jet meningkat, ketidakstabilan jet meningkat, dan aliran udara menjadi lebih kacau, yang mengarah pada lebih banyak turbulensi," kata Smith.

Diperkirakan jenis turbulensi tertentu yang disebut clear-air turbulence (CAT) mempengaruhi penerbangan SQ321. CAT sulit diprediksi sebelumnya karena tidak dapat diamati menggunakan metode penginderaan jauh dan menantang bagi meteorolog penerbangan untuk meramalkannya sebelum terjadi.

"Clear air turbulence (CAT) dihasilkan dari gesekan angin dan memiliki hubungan kuat dengan aliran jet," kata Dr. Smith. Pemanasan global menyebabkan pemanasan cepat lapisan terendah atmosfer yang kita tinggali, troposfer, yang memperkuat gradien suhu vertikal dan menyebabkan aliran jet menjadi lebih kuat dan lebih tidak stabil.

Para peneliti dari Universitas Reading menemukan bahwa turbulensi berat telah meningkat sebesar 55 persen selama empat dekade. Dalam penelitian yang diterbitkan tahun lalu, mereka menganalisis tren CAT secara global antara 1979 dan 2020 dan menemukan bukti kuat peningkatan besar CAT yang mempengaruhi pesawat di ketinggian jelajah.

Di titik tertentu di atas Atlantik Utara, total durasi tahunan turbulensi berat meningkat sebesar 55 persen dari 17,7 jam pada tahun 1979 menjadi 27,4 jam pada tahun 2020. Turbulensi sedang meningkat sebesar 37 persen dari 70,0 menjadi 96,1 jam, dan turbulensi ringan meningkat sebesar 17 persen dari 466,5 menjadi 546,8 jam.

Meskipun AS dan Atlantik Utara mengalami peningkatan terbesar, jalur penerbangan sibuk lainnya di Eropa, Timur Tengah, dan Atlantik Selatan juga mengalami peningkatan signifikan dalam turbulensi. Peningkatan CAT yang lebih besar terjadi di belahan bumi utara daripada belahan bumi selatan, yang memerlukan penelitian lebih lanjut.

Menurut tim peneliti, studi mereka memberikan bukti terbaik bahwa clear air turbulence telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir, sejalan dengan peningkatan pemanasan global.

Sementara itu, sebuah studi pada tahun 2017 memperkirakan bahwa perubahan iklim akan secara signifikan meningkatkan jumlah turbulensi berat di seluruh dunia pada suatu waktu antara tahun 2050 dan 2080.