Bagikan:

JAKARTA – Ancaman peretasan akun media sosial, termasuk Facebook, semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Karena itu, jika Anda melihat aktivitas yang mencurigakan, Anda harus segera bertindak.

Salah satu tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa perangkat yang tersambung dengan akun Facebook Anda. Jika selama ini Anda menggunakan Facebook di aplikasi ponsel, Anda bisa langsung membuka aplikasinya dan ketuk ikon garis tiga horizontal.

Ikon ini akan terlihat di bagian pojok kanan atas untuk perangkat Android dan di pojok kanan bawah untuk iOS. Berikutnya, ketuk menu Pengaturan dan Privasi di dua menu terbawah, lalu ketuk menu Pengaturan Kembali.

Setelah itu, klik Lihat Selengkapnya di Pusat Akun, lalu ketuk menu Kata Sandi dan Keamanan. Jika sudah, klik menu Di mana Anda Masuk hingga aktivitas login akun terlihat. Anda bisa memilah akun mana saja yang milik Anda dan bukan milik Anda.

Jika Anda pengguna Facebook melalui browser, baik di ponsel maupun di laptop, Anda bisa membuka situs web terlebih dahulu, lalu pilih ikon profil Anda yang terlihat di sudut kanan atas. Selanjutnya, ketuk menu Pengaturan dan Privasi.

Saat pop-up pengaturan terlihat, pilih menu Log Aktivitas. Kemudian, gulir layar ke bawah dan cari menu Di Mana Anda Masuk. Sama seperti di ponsel, Anda bisa langsung melihat daftar perangkat yang tersambung dengan akun Anda.

Jika Anda merasa bahwa perangkat yang tersambung bukan milik Anda, buka Jendela Aktivitas Masuk Akun untuk mematikan sambungan perangkat tersebut. Setelah itu, klik Pilih Perangkat untuk Keluar, centang perangkat yang diinginkan, dan klik Keluar.