Bagikan:

JAKARTA – Bluesky, platform mikroblog yang dikembangkan Pendiri Twitter Jack Dorsey, kembali mendapatkan pembaruan. Mulai Rabu, 22 Mei, platform tersebut bisa bertukar pesan melalui fitur Direct Messager (DM).

Dengan meluncurkan fitur baru ini, pengguna Bluesky kini bisa terhubung melalui pesan pribadi. Tak hanya mengirim dan menerima pesan, Bluesky juga menghadirkan kontrol untuk mengatur siapa saja yang boleh mengirimkan pesan.

"Ini adalah pesan pribadi one-to-one di dalam aplikasi Bluesky. Secara default, Anda (dapat) mengizinkan siapa pun yang Anda ikuti untuk mengirim DM kepada Anda. Anda dapat mengubah pengaturan ini agar tidak ada siapa pun yang dapat mengirimi Anda pesan," jelas Bluesky.

Di Pengaturan DM, ada tiga kontrol yang bisa pengguna pilih, yaitu menerima pesan dari Semua Orang, Pengguna yang Diikuti, atau Tidak Ada Siapa Pun. Pengaturan ini hanya berlaku untuk pesan yang baru masuk, bukan pesan yang ada di ruang obrolan.

 

Meski pengaturan ini tidak berlaku pada percakapan yang sudah terjadi, pengguna bisa menghentikan pesan dari lawan bicara jika akun yang mengirimkan pesan diblokir. Namun, jika akunnya hanya dibisukan, akun tersebut masih bisa mengirimkan pesan.

Untuk menggunakan fitur DM, klik ikon Obrolan di bagian bawah layar. Setelah itu, klik ikon plus untuk memulai percakapan baru dan cari pengguna yang ingin Anda kirimi pesan. Setelah memilih akunnya, Anda bisa langsung mengetikkan pesan dan mengirimnya.

Jika Anda tidak mendapatkan peringatan bahwa Anda tidak bisa mengirimkan pesan, hal ini terjadi karena pengaturan dari orang yang ingin Anda kirimi pesan. Pasalnya, pengguna akun tersebut tidak mengizinkan pesan dari orang yang tidak diikuti atau tidak dari siapa pun.