Bagikan:

 

JAKARTA – Wattpad, aplikasi untuk para pembaca dan penulis, akan menghapus fitur Direct Messager (DM) untuk bertukar pesan. Setelah fitur ini disingkirkan, pengguna tidak akan bisa mengirimkan pesan apa pun.

Disampaikan melalui halaman Pusat Bantuan, Wattpad menyatakan bahwa fitur DM masih tersedia, tetapi hanya bisa digunakan hingga 6 Mei mendatang. Setelah itu, seluruh pesan akan menghilang karena dukungan fiturnya sudah dihapus secara permanen.

Wattpad sengaja menghapus kemampuan DM dari platformnya karena pengguna fiturnya tidak terlalu banyak. Pengembang platform cerita orisinil itu mengatakan bahwa, "pesan langsung hanya relevan bagi sebagian kecil basis pengguna global kami."

Oleh sebab itu, mereka menghapus kemampuan untuk bertukar pesan secara langsung. Sebagai gantinya, pengguna hanya bisa berinteraksi dengan para pembaca atau penulis cerita melalui kolom komentar di dalam cerita dan di profil pengguna.

Jika Anda memiliki pesan yang sangat penting di platform tersebut, Anda tidak bisa menyimpan pesan tersebut menjadi file dalam format tertentu. Anda hanya bisa mengabadikan isi pesan dengan melakukan screenshot.

"Tidak ada fitur pengunduhan untuk pesan yang ada dan kami tidak dapat mengambil data ini untuk Anda," kata Wattpad. Mereka menekankan lagi bahwa, "Semua pesan akan dihapus dan fitur tersebut tidak tersedia lagi."

Meski kemampuan untuk mengirim pesan ke pengguna lain akan dihapus, fitur DM akan terus tersedia. Fitur ini akan tetap digunakan oleh Wattpad untuk mengirimkan berbagai informasi dari Kantor Pusat. Namun, pengguna tidak akan bisa merespons pesannya.