Webtoon Beli Wattpad Seharga 600 Juta Dolar AS
Wattpad dibeli Naver untuk digabungkan dengan WEBTOON (Wattpad)

Bagikan:

JAKARTA - Wattpad merupakan platform penulisan cerita yang cukup populer termasuk di Tanah Air. Melalui Wattpad, penulis pemula bisa saja mendapat peruntungannya karena karyanya dilirik pembuat film ataupun penerbit besar.

Hulu, Netflix dan yang lainnya berupaya mencari cerita potensial dengan mengadaptasi karya penulis Wattpad. Sejumlah film berjudul The Kissing Booth, Light as a Feather dan After We Collided lahir dari karya penulis Wattpad.  

Sepertinya Wattpad tidak akan menjadi pembuat hiburan sendiri seperti sebelumnya. TheVerge melaporkan bahwa perusahaan Korea Selatan, Naver, membeli Wattpad senilai lebih dari 600 juta dolar AS, sebagaimana yang telah diumumkan perusahaan baru-baru ini.  

Naver melihat Wattpad sebagai partner yang cocok untuk dipasangkan dengan mereknya yang lain, yaitu Webtoon, sebuah portal penerbitan online yang memperkenankan para seniman mengunggah karya mereka sehngga bisa diadaptasi ke serial TV dan anime.

Dalam siaran persnya, Wattpad secara eksplisit menyebut Webtoon, dan Webtoon-lah yang mengeluarkan pengumuman atas nama perusahaan induknya, Naver. Berikut cara Webtoon menggambarkan pembeliannya.

“Dengan dukungan raksasa teknologi Korea, NAVER, WEBTOON dan Wattpad akan berkolaborasi untuk menciptakan ekosistem yang lebih kuat dan terhubung di semua konten cerita teks dan visual dengan gabungan pembaca utama lebih dari 160 juta pengguna bulanan di seluruh dunia,” ujar pihak WEBTOON.

“Model monetisasi WEBTOON yang inovatif dan perpustakaan besar Wattpad yang berisi beragam cerita akan memberi setiap afiliasi prospeknya tuas baru agar tumbuh, menciptakan fondasi yang lebih kuat untuk mendanai generasi muda yang bercita-cita tinggi, bertalenta kreatif,” tambah perusahaan.

A new chapter in our story is about to be written, and we're not writing it alone... We’re thrilled to announce our board has approved an agreement to be acquired by Naver, home of @webtoonofficial! Read the exciting news → https://t.co/xgwGtD4nVz pic.twitter.com/fzoIJyTWrp

— Wattpad (@wattpad) January 19, 2021

Naver merupakan mesin penelusuran yang populer di Korea Selatan. Ia bersaing dengan Google dan Facebook dalam hal lain. Merek terkenal dari Naver adalah Line, sebuah aplikasi pesan yang membantu perusahaan menjadi media sosial yang dominan di Jepang.