Bagikan:

JAKARTA – Spotify terus mengembangkan platform streaming musiknya untuk memberikan kenyaman bagi para penggunanya. Dengan inovasi yang terus dilakukan, Spotify memutuskan untuk mengubah font mereka.

Perusahaan itu memperkenalkan font atau jenis huruf baru yang disebut sebagai Spotify Mix pada Rabu, 22 Mei. Meski terdengar seperti nama playlist, nama ini dipilih sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya audio yang dinamis dan terus berkembang.

Rasmus Wängelin, Kepala Desain Spotify, mengatakan pihaknya ingin bebas dari batasan tipografi tradisional. Dengan menggabungkan elemen dari berbagai gaya font, Spotify Mix akan menunjukkan karakter yang menjadi ciri khas platform.

"Hasilnya adalah jenis huruf sans-serif yang memadukan fitur gaya klasik dan kontemporer, menciptakan tampilan yang khas dan unik. Kami secara halus menggabungkan bentuk gelombang suara untuk membangkitkan nuansa ritmis," kata Wängelin.

Dalam pembuatan Spotify Mix, perusahaan ini bermitra dengan Dinamo Typefaces yang berbasis di Berlin. Selama pembuatan font, Spotify fokus pada visualisasi musik, seni, dan mode untuk mencerminkan komunitas dan konten yang ada di dalam platform.

Spotify Mix mulai diluncurkan sejak pengumuman dibuat dan akan terus dilanjutkan hingga beberapa minggu ke depan. Font baru ini akan mengganti font playlist hingga kampanye pemasaran yang ada di dalam aplikasi ponsel atau tablet serta desktop.

Selain mengubah font di sampul playlist, Spotify juga akan mengubah huruf yang ada di logo mereka. Tidak diketahui pasti kapan logo baru ini akan digunakan, tetapi perbedaannya tidak banyak. Logo Spotify terbaru hanya terlihat memiliki sisi yang lebih tajam dan lebih lebar.