Bagikan:

JAKARTA – TikTok, anak perusahaan dari ByteDance, menyadari bahwa platformnya memberikan dampak yang sangat positif. Menurut TikTok, dampak ini muncul karena edukasi dan inspirasi dari para kreator konten.

Sejalan dengan besarnya pengaruh dari para pembuat konten, TikTok berkomitmen untuk membangun komunitas global yang penuh dengan kebaikan. Maka dari itu, melalui tagar TikTokforGood, TikTok memperkenalkan program baru yang disebut TikTok Change Makers.

Program ini digerakkan secara global, termasuk di Indonesia, dengan menyoroti sejumlah kreator dan lembaga negara yang menciptakan perubahan. Ada 50 kreator terpilih yang masuk ke dalam program tersebut dan dua di antaranya berasal dari Indonesia.

Dua kreator tersebut adalah Halimah dengan akun dailyjour dan Vina Muliana dengan akun vmuliana. Halimah merupakan kreator yang membagikan ilmu gentle parenting, sedangkan Vina merupakan HRD profesional yang memberikan tips dan saran tentang karier.

Halimah, Vina, dan 48 pembuat konten lainnya dari berbagai negara akan mendapatkan dukungan penuh dari TikTok dalam membangun komunitas yang interaktif dan menjangkau audiens baru. Dukungan ini akan diberikan selama enam bulan ke depan.

"Kami akan menyediakan perangkat, sumber daya, dan donasi khusus kepada organisasi nirlaba yang telah ditunjuk untuk dapat membantu para 'Change Maker' ini menciptakan dampak yang lebih besar bagi isu yang mereka usung," kata TikTok.

BACA JUGA:


Selain memperkenalkan program TikTok Change Makers, perusahaan itu juga memperkenalkan TikTok Change Makers Grant, program yang bekerja sama dengan kreator dan organisasi laba dengan memberikan bantuan berupa dana hibah.

TikTok akan mendonasikan lebih dari 1 juta dolar AS (Rp15,9 miliar) kepada lebih dari 30 organisasi nirlaba secara global yang mendukung berbagai macam isu penting. TikTok juga akan memberikan donasi sebesar 25 ribu dolar AS (Rp399 juta) atas nama Change Makers.

"Melalui Program TikTok Change Makers, kami ingin menampilkan beragam suara dan kekuatan komunitas global TikTok saat mereka mengedukasi, mengadvokasi, dan menginspirasi komunitas yang ada guna mendorong perubahan yang bermakna," jelas TikTok.