Bagikan:

JAKARTA – Media sosial seperti Instagram memiliki ribuan konten yang sangat beragam. Banyak konten hiburan yang bisa Anda temukan, tetapi banyak juga konten sensitif yang mengganggu atau menyinggung.

Konten sensitif biasanya akan ditandai oleh pihak Instagram. Saat melihat postingan dengan kategori tersebut, Anda akan melihat peringatan, "Foto/video ini berisi konten sensitif yang mungkin dianggap menyinggung atau mengganggu oleh sebagian orang."

Jika Anda tidak keberatan dengan konten eksplisit yang lewat di Beranda atau halaman Eksplorasi, Anda harus menyingkirkan peringatan terlebih dahulu sebelum melihat kontennya. Cara ini sangat tidak efisien sehingga Anda harus mengatur cara melihat kontennya.

Untuk mengatur konten sensitif, dikutip dari Android Police, buka Instagram dan ketuk gambar profil yang ada di sudut kanan bawah. Setelah itu, ketuk ikon tiga baris di sudut kanan atas dan gulir layar untuk mencari menu Pengaturan dan Aktivitas.

Berikutnya, pilih Konten yang Disarankan, pilih Konten Sensitif, kemudian ketuk Lanjutan saat halaman Kontrol Konten Sensitif muncul. Anda bisa memilih tiga pengaturan dari menu kontrol sensitif, di antaranya Lainnya, Standar, dan Kurang.

Opsi Standar hanya akan menampilkan beberapa konten sensitif, sedangkan Kurang akan menampilkan konten dengan kategori kurang sensitif. Berbeda dengan opsi Lainnya yang akan menampilkan lebih banyak konten sensitif.

Jika sudah memilih salah satu dari opsi di atas, ketuk Konfirmasi. Sekarang, saat Anda kembali ke halaman Beranda atau Eksplorasi untuk melihat konten secara acak, Anda akan melihat perubahan sesuai dengan opsi yang Anda inginkan.