Bagikan:

JAKARTA - Memasuki perkembangan teknologi, kejahatan fisik kini telah berevolusi menjadi kejahatan digital. Di tengah meningkatnya penipuan digital, penipuan AI generatif seperti deepfake menjadi salah satu ancaman paling berbahaya saat ini.

Untuk menghadapi kekhawatiran ini, PT Indonesia Digital Identity (VIDA), sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) atau Certification Authority (CA) yang terdaftar dan berinduk di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika memperkenalkan VIDA Deepfake Shield.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Samuel Abrijani Pengerapan untuk memahami dan mengantisipasi ancaman digital ini, diperlukan penerapan best practice dan juga kebijakan tata kelola yang memadai. 

"Saya mengapresiasi inovasi VIDA sebagai salah satu Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) Indonesia yang telah merancang solusi pertahanan berlapis untuk mendeteksi dan menetralisir penipuan siber secara efektif," tutur Sammy dalam keynote speech nya pada Rabu, 24 April.

VIDA Deepfake Shield merupakan solusi pertahanan canggih berlapis yang dirancang untuk memberdayakan bisnis digital dalam mendeteksi dan menetralisir penipuan deepfake secara efisien. 

"Solusi kami dirancang berdasarkan tiga prinsip utama: verifikasi identitas real-time untuk mengautentikasi semua pengguna, integrasi tanpa batas di seluruh platform digital, dan mekanisme pertahanan eksklusif yang inovatif untuk melindungi dari serangan virus ancaman digital yangcanggih," ujar Victor Indajang, Chief Operating Officer VIDA.

Adapun beberapa fitur VIDA Deepfake Shield ini di antara lain:

Verifikasi Identitas Real-Time: Dengan memverifikasi identitas secara instan, VIDA memastikan bahwa transaksi tetap cepat dan aman, secara langsung mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh deepface.

Integrasi yang Mulus di Seluruh Platform: Dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan beradaptasi, mudah terintegrasi ke dalam infrastruktur yang ada, meningkatkan keamanan tanpa mengganggu pengalaman pengguna.

Pertahanan Tingkat Lanjut: Menggunakan teknologi mutakhir seperti Passive Liveness Detection dan Biometric Attack Prevention, VIDA Deepfake Shield menawarkan perlindungan terhadap teknik penipuan digital tercanggih, termasuk deepfake, presentation attacks, dan injection attacks.