TikTok Membenahi Konten-konten yang Berpotensi Bermasalah dari Feed For You
Kebijakan Komunitas baru TikTok (foto: TikTok)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok mengumumkan pembaruan pada Pedoman Komunitas, untuk lebih memperjelas aturan serta fitur baru yang akan membantu kreator dalam mempelajari kebijakan platform dan memeriksa status akun mereka. 

Dalam pembaruan ini, TikTok memperbarui standar kelayakan konten yang akan muncul di tab For You. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan pengalaman feed For You yang lebih aman dan sesuai untuk khalayak luas. 

Artinya, akun yang berulang kali memposting konten yang melanggar standar feed For You, untuk sementara tidak akan direkomendasikan dan muncul di feed For You pengguna lain. Sehingga, akun dan konten mereka akan lebih sulit ditemukan dalam pencarian. 

Selain itu, perusahaan akan mulai memberi tahu kreator tentang aturan mana yang mereka langgar dan bagaimana mereka dapat mengajukan banding jika mereka yakin itu adalah kesalahan. 

“Kebijakan yang tidak memberikan toleransi (misalnya, hasutan untuk melakukan kekerasan) tidak memenuhi syarat untuk diingatkan, maka akun akan segera diblokir,” tulis TikTok dalam pernyataan resminya. 

Selanjutnya, TikTok juga akan mempermudah pembuat konten untuk memeriksa status akunnya dengan meluncurkan fitur 'Pemeriksaan Akun'. 

Fitur ini akan memungkinkan pembuat konten dengan cepat mengaudit akun mereka, melihat 30 postingan terakhir mereka, dan melihat sekilas apakah mereka memiliki reputasi yang baik di TikTok. 

Pemeriksaan Akun juga akan mencakup informasi tentang apakah akses ke fitur tertentu, seperti komentar atau pesan langsung, telah dibatasi karena pelanggaran. Terakhir, TikTok juga menerbitkan Kode Etik Pembuat TikTok, yang akan berlaku dalam beberapa minggu mendatang.