Bagikan:

JAKARTA - Pekerja di Apple Store di Short Hills, New Jersey, telah mengajukan representasi serikat, kata seorang anggota staf yang juga bagian dari komite organisasi pada Rabu, 10 April, di tengah dukungan untuk mendirikan perserikatan di sektor-sektor korporat di Amerika Serikat.

Perusahaan-perusahaan termasuk jaringan kopi Starbucks, perusahaan e-commerce Amazon.com, dan raksasa perangkat lunak Microsoft menghadapi upaya perserikatan dari karyawan yang menginginkan kondisi kerja yang lebih baik.

Staf ritel Apple di toko New Jersey tersebut mengajukan perwakilan serikat dengan Communications Workers of America pada 8 April, menurut John Nagy, yang merupakan pemimpin operasional di toko Short Hill dan anggota dari komite organisasi.

"Kami terinspirasi oleh rekan-rekan kerja di Oklahoma City dan Towson, Md. yang berhasil membentuk serikat mereka, dan kami tahu bahwa kekuatan kami akan bertambah dengan setiap toko baru yang membentuk serikat," kata Nagy.

"Kami selalu membayar tim ritel kami di tingkat teratas pasar dan kami menyediakan manfaat yang luar biasa dan komprehensif untuk semua karyawan penuh dan paruh waktu," ungkap pihak Apple dalam pernyataan tertulis mereka baru-baru ini

Pada Juni 2022, sebuah toko di dekat Baltimore, Maryland, menjadi lokasi Apple pertama yang berserikat.

Perusahaan teknologi ini juga pernah dituduh sebelumnya melakukan intervensi dalam upaya serikat di toko ritel Manhattan-nya, yang kemudian dibantah oleh perusahaan tersebut.