Shenzhou-15  Milik China Meledak di Langit Los Angeles, Penduduk California Cemas
Objek orbit roket Shenzhou-15 meledak di atas Los Angeles. (foto: x @TeahCartel)

Bagikan:

JAKARTA - Penduduk California terkejut pada Selasa pagi 2 April ketika streak emas dari ledakan tampak di atas langit Los Angeles. Awalnya, penduduk setempat mengira itu adalah roket SpaceX Falcon 9 yang diluncurkan enam jam sebelumnya atau sebuah meteor raksasa yang terbakar saat melintasi atmosfer Bumi.

Namun, peneliti aerospace telah menyebut bahwa objek berapi-api itu adalah objek orbit roket Shenzhou-15 milik China yang diluncurkan pada tahun 2022.

Objek dengan berat 3.300 pound itu, bagian sekunder dari roket, tidak dirancang untuk kembali ke atmosfer Bumi dengan aman dan direncanakan untuk mengelilingi planet Bumi bersama dengan ton sampah luar angkasa lainnya.

Saksi ledakan memposting video di media sosial, menunjukkan objek tersebut melintas di langit sekitar pukul 01:40 pagi waktu setempat, dan warga pun mempertanyakan benda apa itu.

Salah satu orang menulis di X: “Saya kira ini adalah puing-puing atau sesuatu yang terkait dengan peluncuran SpaceX dari malam sebelumnya,' sementara yang lain hanya bertanya: “Dude, apa itu?”

Ketika berita muncul bahwa itu adalah bagian dari roket milik China, komentar tentang keterlibatan negara itu mulai mengalir.

Heather Golden, juru bicara Aerospace Corporation, mengatakan kepada Dailymail.com bahwa meskipun ada spekulasi bahwa ledakan itu milik SpaceX, analisis mengungkapkan bahwa itu bukan roket milik AS.

“Analisis kami menyarankan bahwa objek yang terlihat masuk kembali di atas Los Angeles pagi ini adalah modul orbit dari peluncuran Shenzhou-15 China pada November 2022 ke stasiun ruang angkasa mereka,” kata Golden.

Roket Shenzhou-15 membawa tiga astronot saat diluncurkan dari Mongolia pada November 2022. Roket Shenzhou-15 seberat 17.857 pound terdiri dari beberapa modul termasuk modul yang masuk kembali dan membawa astronot dengan aman kembali ke Bumi dan bagian layanan yang menyimpan perangkat keras seperti panel surya dan dukungan kehidupan yang diperlukan untuk misi itu.

Sektor ketiga Shenzhou-15, modul orbit, adalah ruang tinggal bagi astronot dan menyelenggarakan instrumen ilmiah, peralatan yang dioperasikan oleh kru, dan jenis muatan lain yang diperlukan untuk misi.

Terkait